3 Parfum yang Tercium dari Jarak Jauh Ini Bikin Selalu Diingat

Kok bisa ya, ada parfum yang tercium dari jarak jauh? Emang bisa?

Kalau kamu penasaran dengan pertanyaan ini, jawabannya ada dan bisa. Istilahnya the sillage of perfume atau “jejak” parfum.

Di artikel ini, kamu bisa tahu:

  • Kenapa bisa ada parfum yang tercium dari jarak jauh
  • Apa saja faktor yang mempengaruhi, termasuk note parfum tersebut
  • Best 3 parfum dengan sillage kuat sehingga tahan lama dan tersebar jauh

Yuk, simak penjelasannya.

Alasan Parfum Dapat Tercium dari Jarak Jauh

Parfum dapat tercium dari jarak jauh karena mengalami evaporasi dan difusi.

Parfum sering dicampur alkohol, sehingga punya sifat volatile, alias mudah menguap di suhu ruang. Ketika disemprotkan, molekulnya akan berubah menjadi uap (evaporasi).

Setelah jadi uap, parfum ini akan mengalami difusi, alias tersebar bersama udara. Penyebarannya dari area yang konsentrasinya tinggi ke tempat yang konsentrasinya rendah.

Nah, molekul parfum yang mengambang di udara ini pada akhirnya akan tercium oleh saraf penciuman di hidung. Makanya bisa tercium, bahkan dari jarak yang cukup jauh.

Tapi, perlu ingat ya, jarak jauh ini bukan berarti kamu di Jakarta, parfummu tercium sampai Bekasi. Paling jauh dan aman, yaitu sekitar 2-3 meter. Lebih kuat dari ini, bisa membuat orang-orang yang berada di dekatmu kurang nyaman.

Note dan Faktor yang Mempengaruhi Terciumnya Parfum

Setiap parfum punya sillage atau jejak tersendiri. Jadi, ada yang punya sillage kuat, sehingga wanginya lebih tahan lama dan bisa tercium dari jarak jauh. Parfum untuk aktivitas sehari-hari biasanya butuh sillage yang kuat.

Ada juga yang punya sillage moderat alias lebih ringan. Parfum untuk acara formal biasanya moderat agar tidak terlalu menonjol dan mengganggu kenyamanan orang lain.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sillage parfum ini, di antaranya:

1. Konsentrasi Parfum

Semakin tinggi konsentrasinya, semakin banyak molekul parfum yang dapat tersebar sehingga sillage-nya lebih kuat. Contoh: Eau de Parfum vs Eau de Toilette, lebih pekat Eau de Parfum.

2. Note Parfum

Note pada parfum ibarat nada pada musik, yaitu elemen yang membangun aroma secara keseluruhan. Berdasarkan karakternya, ada 3 kategori utama note: top, middle (heart), dan base.

  • Top notes yang tercium pertama kali. Biasanya beraroma segar dan punya sillage lemah karena molekulnya lebih kecil.
  • Middle notes lebih kompleks sehingga memberikan karakter dan dimensi pada aroma parfum keseluruhan. Molekulnya sedang sehingga bisa bertahan lebih lama hingga beberapa jam.
  • Base notes biasa jadi pondasi dan ketahanan parfum. Partikelnya relatif lebih besar sehingga bisa tahan beberapa jam lebih lama dari middle notes.

3. Kualitas Bahan

Parfum yang berbahan natural essential oil cenderung punya kualitas tinggi, aromanya jadi lebih kompleks dan tahan lama.

Lain halnya dengan bahan sintetis, umumnya punya sillage yang lebih lemah, jadi lebih cepat memudar.

4. Cara Mengaplikasikan

Di atas itu dari sisi parfum. Kalau dari sisi pengguna, perlu cara pemakaian yang tepat agar sillage parfum yang kuat tersebut bisa lebih optimal.

Caranya yaitu:

  1. Menyemprotkan di titik tertentu yang hangat sehingga lebih membantu menyebarkan aroma parfum, seperti: pergelangan tangan, leher, dan belakang telinga.
  2. Memakaikan parfum pada pakaian dengan bahan tebal seperti wol atau denim. Lumayan menolong untuk menahan aroma parfum lebih lama.

5. Cuaca dan Kelembaban

Agar wanginya tahan lama dan mudah tercium, kondisi yang mendukung yaitu lembab dan hangat. Cuaca dingin dan kering bikin wangi parfum cepat pudar dan sulit tercium.

Rekomendasi Parfum yang Tercium dari Jarak Jauh

Untuk kamu yang butuh parfum untuk aktivitas sehari-hari dengan sillage kuat dan dapat tercium wanginya dari jarak jauh, ini 3 rekomendasi terbaik.

1. Farhampton from HMNS

The Farhampton from HMNS

Bayangkan kamu berjalan kaki di pagi hari yang sejuk di tengah-tengah kebun jeruk, kemudian berlanjut taman bunga yang sedang mekar. 

Seiring berjalannya hari, kamu dapati diri sedang bersantai di bawah pohon cedarwood yang hangat, menikmati aroma manis dan nyaman dari lingkungan sekitar.

Aroma Farhampton segar di awal dengan top note bergamot, lalu jadi kompleks berkat heart lavender dan orange blossoms. Selanjutnya, bercampur manis amber dan tonka bean serta hangat cedar wood yang tahan lama.

Parfum unisex ini cocok kalau kamu cari parfum wanita yang tercium dari jarak jauh.

2. The Perfection from HMNS

The Perfection from HMNS

The Perfection adalah parfum maskulin yang cocok untuk aktivitas seharian. Sensasinya kompleks dan memikat, melampaui stereotip fougere tradisional. Cocok kalau kamu cari parfum pria yang tercium dari jarak jauh.

Aromanya membawamu berjalan di pantai saat matahari terbit. Udara asin bercampur dengan kehangatan pasir dan aroma kayu dari pepohonan di sekitarnya. 

Seiring berjalannya hari, aroma rempah-rempah dan kulit  muncul, meninggalkan jejak yang memikat dan tak terlupakan.

Top note-nya pedas segar dari aroma cengkeh dan bergamot. Di tengah terasa calming dan mewah berkat heart lavender dan Lily of the Valley khas Finland. Rasa mewahnya juga muncul berkat kombinasi base sandalwood dan musk.

3. Untitled Humans from HMNS

Untitled Humans from HMNS

Untitled Humans adalah wewangian unik dan memikat yang melampaui batasan kategori. 

Kombinasi tak terduga dari aroma segar herbal dengan sentuhan manis, creamy, dan woody menciptakan daya tarik unisex yang sesungguhnya.

Bayangkan kamu berjalan-jalan di taman subur yang dipenuhi bunga mekar, pohon ara, dan tanaman hijau bersahaja. Udara penuh dengan sentuhan manis dan kehangatan, menciptakan atmosfer unik dan memikat. 

Itulah intisari dari Untitled Humans.

Rekomendasi 3 parfum yang tercium dari jarak jauh di atas dijamin membuat kamu lebih percaya diri, berkesan, dan tak terlupakan.