4 Cara Memilih Parfum yang Tepat Berdasarkan Jenis Aromanya

Ingin beli parfum tapi masih bingung mau pilih yang mana? Anda membutuhkan tips bagaimana cara memilih parfum yang tepat.

Memilih parfum memang terlihat sepele, namun banyak orang yang masih bingung bagaimana untuk memilih parfum yang tepat. Pasalnya ada banyak aroma yang bisa Anda pilih, ada yang menyegarkan, hangat, dan lainnya.

Dalam memilih parfum, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali karakteristik dari aroma parfum. Kemudian, Anda bisa memilih sesuai dengan selera atau bisa Anda sesuaikan dengan usia yang akan menggunakannya.

Ingin tahu apa saja jenis aroma dan cara memilih parfum yang tepat? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Karakteristik Aroma Parfum

tangan memegang parfum

Sebelum membahas tips untuk memilih parfum, Anda harus kenali terlebih dahulu jenis aromanya. Secara garis besar ada 6 jenis aroma parfum, yaitu:

1. Woody

Aromanya khas pepohonan seperti kayu, lumut dan hutan. Karakteristik aroma ini akan memberikan kesan yang tenang. Biasanya aroma woody banyak digunakan oleh pria dewasa.

2. Fougere

Fougere mengeluarkan aroma tumbuhan hijau seperti teh hijau dan pakis. Aroma ini akan memberikan kesan pribadi yang introvert tapi menawan. Jenis aroma ini cocok untuk pria dewasa pekerja kantoran.

3. Citrus

Identik dengan aroma jeruk yang menyegarkan. Tidak hanya jeruk, aroma citrus juga berasal dari buah-buahan tropis yang memberikan kesan wangi menyegarkan. Parfum dengan aroma citrus juga akan memberikan efek relaksasi alami.

4. Floral

Aroma parfum ini yang paling banyak diminati terutama oleh para perempuan. Identik dengan aroma yang feminim dan romantis. Seseorang dengan parfum beraroma floral akan terkesan elegan dan mewah.

5. Oriental

Aroma oriental merupakan aroma khas tanah yang intens. Biasanya aroma ini berasal dari rempah-rempah, seperti vanila, cengkeh, musk, lada, dan sejenisnya. Kesan dari aroma ini adalah mewah.

Cara Memilih Parfum yang Tepat untuk Laki - Laki dan Perempuan

wanita sedang memegang parfum sambil tersenyum

Setelah tahu apa saja jenis aroma dari parfum, apakah Anda sudah siap memilih parfum yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih parfum pria maupun perempuan.

1. Sesuaikan dengan Usia

Dalam memilih parfum Anda bisa menyesuaikan dengan usia. Misalnya aroma floral lebih cocok untuk perempuan dewasa, sedangkan aroma citrus cocok untuk remaja perempuan. Sedangkan untuk para pria bisa memilih aroma woody yang terkesan lebih cool.

2. Pilih yang Wanginya Cocok

Selain usia, Anda juga harus memilih parfum yang wanginya tepat dengan karakteristik Anda. Anda bisa cek terlebih dahulu setiap note dari parfum yang akan Anda beli.

3. Cek Konsentrasi Parfum

Tips memilih parfum yang selanjutnya adalah perhatikan konsentrasi kandungan parfum di dalamnya. Semakin tinggi konsentrasinya maka parfum semakin kuat aromanya dan bisa tahan lama.

4. Pilih yang Tahan Lama dan Sesuai Selera

Anda juga bisa memperhatikan selera Anda. Pilihlah parfum yang wanginya cocok dengan selera Anda dan orang yang ada di sekitar Anda. Jangan lupa untuk pilih yang wanginya bisa tahan lama.

Rekomendasi Parfum HMNS Berdasarkan Karakteristik Aroma Parfum

parfum Janma HMNS

Agar Anda tidak bingung lagi dalam memilih parfum, berikut ini adalah rekomendasi parfum tahan lama dari HMNS.

1. Alpha

Parfum Alpha HMNS

Alpha HMNS merupakan parfum dengan karakteristik woody. Parfum ini bisa tahan 3-4 jam di luar ruangan dan 6 jam di dalam ruangan.

Adapun note dari parfum ini yaitu:

  • Top note : Citrus dan rumput
  • Middle note : Teh hijau dan kayu
  • Base note : Cedarwood dan vetiver

2. Farhampton

Parfum Farhampton HMNS

Farhampton HMNS mempunyai karakteristik Fougere yang menciptakan atmosfer maskulin, hangat, dan romantis. Cocok untuk digunakan ketika kencan atau acara khusus.

Adapun note dari parfum ini yaitu:

  • Top note : Bergamot
  • Middle note : Lavender dan orange blossom
  • Base note : Amber, cedarwood, dan biji tonka

3. Janma

Parfum Janma HMNS

Rekomendasi parfum tahan lama untuk pria dan wanita dengan karakteristik citrus adalah Janma. Parfum ini mempunyai aroma unik perpaduan mawar bulgaria dan teh hitam. Aroma dari parfum ini bisa tahan sampai 8 jam.

Adapun note dari parfum ini yaitu:

  • Top note : Mawar bulgaria, neroli, pink pepper, bunga lili dan teh hitam
  • Middle note : Sandalwood, Amberwood dan Suede
  • Base note : Gayo patchouli dan janma

4. Orgsm

Parfum Orgsm HMNS

Orgsm HMNS merupakan parfum dengan karakteristik floral cocok untuk para perempuan. Kesan pertama parfum ini adalah segar dan mewah. Aromanya bisa tahan sampai 6 jam.

Adapun note dari parfum ini yaitu:

  • Top note : Apel
  • Middle note : Mawar, melati, dan peony
  • Base note : Amber dan biji vanilla

5. Essence of The Sun

Parfum Essence of the Sun (EoS) HMNS

Essence of The Sun adalah parfum dengan karakteristik oriental yang menggambarkan kehangatan dari matahari. Parfum ini bisa tahan sampai 7 jam.

Adapun note dari parfum ini yaitu:

  • Top note : Bergamot, pink pepper, dan coriander seeds
  • Middle note : Melati India, mawar Turki, bunga tiare dan solar accord
  • Base note : Biji tonka, ambrette, dan cedarwood
Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi bukan bagaimana cara memilih parfum yang tepat? Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi parfum di atas atau Anda bisa cari lagi produk parfum lainnya dari HMNS. HMNS menyediakan banyak varian parfum dengan wangi yang unik dan khas.