5 Persiapan Puasa Paling Penting Agar Tubuh Tetap Bugar

Ramadan datang. Apa saja persiapan puasa agar tetap bugar selama beraktivitas seharian?

Yuk ketahui apa saja hal penting yang perlu kamu jaga dan lakukan agar puasa tidak lemas dan tetap bersemangat sepanjang hari.

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Puasa bikin waktu makan besar yang biasanya tiga kali, jadi cuma dua kali sehari saja. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menjadikannya sebagai pola makan sehat.

Pola makan sehat justru dapat menjadi cara agar tetap bugar saat puasa yang ampuh. Walau begitu, tetap ada perbedaan antar pola makan sehat saat puasa dan hari biasa.

Tips makan sehat saat puasa di antaranya:

  1. Makan menu sahur sehat yang seimbang: kaya protein, karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin;
  2. Hindari banyak lemak dan cemilan manis saat sahur karena justru bikin cepat lemas dan lelah.
  3. Berbuka dengan porsi kecil begitu masuk waktunya, dan santap makanan dengan manis alami, bukan yang pakai gula tambahan

2. Menjaga Hidrasi Selama Puasa

Selain makan, hidrasi atau kecukupan air dalam tubuh juga penting agar puasa tidak haus dan mudah capek. 

Tubuh yang kekurangan cairan akan membuatmu terasa lemas, haus, mudah sakit kepala, dan kebingungan (terkena kabut mental).

Karena selama puasa tidak boleh minum di siang hari, maka kamu perlu menyiasati cara minum.

Beberapa tips agar tidak kekurangan cairan saat berpuasa antara lain:

  1. Minimal minum tetap 8 gelas sehari: 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat sahur, dan 4 gelasnya diminum kapanpun sempat di malam hari, antara waktu berbuka dan sahur,
  2. Hindari teh, kopi, dan minuman berwarna saat sahur karena bersifat diuretik, menyebabkan pengen buang air kecil cepat-cepat,
  3. Tidak harus air putih, kamu juga bisa menggantinya dengan jus, buah, air kelapa, atau susu biar semangat melakukan hidrasi.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Puasa biasanya menjadi waktu di mana malam hari lebih banyak aktivitas menggeliat dari biasanya. Alasannya karena kalau malam bisa makan dan minum sesukanya.

Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan kualitas tidur menurun. Apalagi mengingat harus bangun dini hari untuk sahur.

Karena itu, menjaga kualitas tidur jadi faktor penting agar puasa tidak ngantuk. Caranya bisa dengan:

  1. Tidur lebih awal, paling lambat jam 10 malam,
  2. Ciptakan suasana tidur nyaman: bersih, musik lembut, no HP sebelum tidur,
  3. Sempatkan tidur siang 30-60 menit,
  4. Bila terpaksa, tidur sebentar setelah salat subuh, sekitar 30-60 menit.

4. Menjaga Aktivitas Fisik

Puasa jangan rebahan saja. Kebanyakan tidur bukannya bikin tubuh jadi bugar, justru malah bikin lemas.

Tubuh tetap butuh aktivitas fisik, walaupun tidak seberat seperti di luar hari-hari puasa. Untuk itu, kamu bisa menerapkan tips berikut.

  1. Hindari aktivitas fisik berat dan olahraga saat pagi agar tidak kehausan sepanjang hari. Lebih baik lagi untuk menghindari aktivitas apapun di bawah matahari terik.
  2. Olahraga rutin 3x sepekan, maksimal 30 menit, lakukan di sore hari. Jenisnya yang ringan dan sedang, seperti: jalan kaki, sepeda, atau renang.
  3. Sesekali  boleh olahraga berat di malam hari, seperti workout, futsal, atau basket. Jangan lupa cukup minum saat olahraga.

5. Sedia Hair and Body Mist

Hair and body mist sangat penting agar puasa tetap segar dan bugar. Menggunakannya ketika berpuasa bikin aroma tubuh kamu terjaga, mood meningkat, dan terasa segar dan nyaman selama berpuasa.

Cara pakainya pun praktis. Kamu cuma perlu menyemprotkannya beberapa kali dari jarak 10-15 cm pada bagian tertentu seperti: dada, leher, lengan, dan pergelangan tangan. Selanjutnya, tinggal tunggu kering.

Untuk rekomendasi hair and body mist yang cocok untuk kamu pakai saat berpuasa antara lain:

Fantasy Fairy Tale from HMNS

Fantasy Fairy Tale dari HMNS

Seperti namanya, Fantasy Fairy Tale adalah hair and body mist dengan karakter aroma yang seolah membawamu ke alam di cerita fantasi.

Wangi pembuka menyiramkan nuansa kesegaran bergamot dan Rose yang romantis. Kelembutan violet, jasmine, dan bebungaan putih menyambut sebagai heart, mengajak seperti berdansa sepanjang hari di tengah taman. 

Di akhir, vanilla dan musk sebagai  base memberikan sensasi manis dan sensual yang intim. Mist ini sangat cocok bagi perempuan untuk meningkatkan mood dan rasa santai.

Symphony of Flowers from HMNS

Symphony of Flowers dari HMNS

Symphony of Flowers dari HMNS adalah hair and body mist dengan karakter floral yang berpadu sempurna laksana simfoni sebuah lagu.

Kesegaran top note dari trio bergamot, mandarin, dan pink peppercorn menjadi nada pembuka bagi irama yang melangitkan jiwa. Irama selanjutnya mengantarkan jiwa ke tengah taman bunga dengan ylang-ylang, iris, dan violet yang mekar dan menari bersamaan.

Sebagai penutupnya, aroma vanilla, musk, dan woody kian mantap meniupkan semangat ke dalam jiwa dengan jejak aroma menenangkan dan tak terlupakan.

My 1st O from HMNS

My First O dari HMNS

My 1st O dari HMNS menghadirkan wangi favorit Orgsm dalam format hair and body mist yang praktis dan menyegarkan. Selain memberi keharuman, My 1st O diformulasikan dengan kandungan raspberry dan trehalose yang merawat rambut.

Kesegaran jeruk, raspberry, dan peach langsung menguar di semburan pertama. Sensasi floral menjadi sentuhan heart yang terasa mewah. Kombinasi vanilla, caramel, dan woody ambery menjadi penyemangat yang manis selama berpuasa seharian.

Dengan persiapan puasa di atas, pasti deh puasa kamu jadi tidak lemas dan membosankan. Bersama HMNS, semangat berpuasa pun terjaga sepanjang hari.