5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Panjang

Pada dasarnya, libur panjang adalah salah satu hal yang paling ditunggu oleh hampir semua karyawan. Hal ini karena Anda bisa beristirahat lebih banyak, melakukan hobi yang tidak sempat ditekuni saat bekerja, hingga menghabiskan quality time bersama keluarga. Di momen ini, Anda bisa bersantai tanpa beban. 

 

Jadi, sangat wajar jika ada rasa malas yang menggerogoti ketika musim libur Lebaran telah usai dan Anda harus kembali bekerja. Hanya saja, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar semangat kerja kembali ada. 

1. Cek Saldo Rekening

orang yang tersenyum sambil melihat hp dan kartu debit

 

Sudah menjadi rahasia umum jika alasan utama kenapa Anda pergi bekerja adalah karena membutuhkan uang. Karena itu, melihat jumlah saldo dalam rekening merupakan salah satu tips kembali semangat bekerja setelah libur panjang yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. 

 

Terlebih karena pengeluaran setelah liburan yang biasanya cukup besar. Karena itu, Anda bisa menjadikan saldo rekening sebagai motivasi. Hal ini karena motivasi adalah driving force terbaik yang bisa mengubah perilaku Anda secara ekstrem.[1] Ini termasuk mengembalikan semangat saat bekerja. 

2. Mulai dari Pekerjaan yang Paling Mudah

orang yang bekerja sambil tersenyum

 

Jika motivasi sudah ada, kini sudah saatnya untuk mulai bekerja. Pada awalnya, semangat tersebut masih belum 100% ada. Karena itu, sebagai cara agar semangat kerja setelah libur panjang, Anda bisa memulai dengan pekerjaan paling mudah. Jadi, pekerjaan tersebut bisa selesai lebih cepat. 

3. Temani dengan Musik

orang yang bekerja sambil mendengarkan musik

 

Kerja sambil mendengarkan musik adalah tips semangat kerja setelah libur panjang yang selanjutnya. Hal ini karena musik ampuh untuk meningkatkan konsentrasi, mindset, dan performa saat bekerja. Sebab, menurut penelitian, musik adalah salah satu terapi yang efektif untuk menurunkan stres.[2]

4. Berinteraksi dengan Rekan Kerja

orang yang sedang mengobrol dengan kolega di kantor

 

Ketika Anda merasa lelah dan demotivated ketika bekerja, jangan ragu untuk beristirahat sejenak. Selain itu, Anda juga bisa berusaha mengembalikan motivasi itu dengan cara berinteraksi dengan rekan kerja. Ini termasuk tips kembali bekerja setelah libur lebaran yang cukup efektif. 

5. Ciptakan Meja Kerja yang Nyaman

barang-barang untuk bekerja di atas meja

 

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja? Tentu saja menciptakan suasana kerja senyaman mungkin. Anda bisa menggunakan bantalan nyaman di punggung dan leher hingga menyimpan foto keluarga atau orang tersayang di meja kerja, agar motivasi tetap terjaga. 

 

Selain itu, Anda juga bisa memakai pewangi ruangan agar merasa lebih segar dan bersemangat ketika sudah mulai bekerja. Ada beberapa aroma yang bisa Anda pilih, seperti pada penjelasan di bawah ini! 

1. Home of Humans - A Room Full of Ideas

produk Home of Humans - A Room Full of Ideas

 

Ketika hujan turun, apakah Anda sadar jika produktivitas Anda akan meningkat? Udara yang sejuk dan segar serta aroma hujan yang khas ternyata bisa membuat Anda lebih fokus dalam bekerja. Hal ini bahkan sudah dibuktikan dalam penelitian, bahwa waktu kerja berkurang 1,3% ketika hujan.[3]

 

Namun sayangnya, Anda bukanlah seorang penyihir yang bisa membuat hujan turun kapan saja. Karena itu, Anda bisa menyimpan Home of Humans - A Room Full of Ideas di meja kerja. Hal ini karena ada aroma rain accord yang membuat Anda seperti sedang berada tepat di bawah rintikan hujan. 

 

Selain itu, ada lavender dan bergamot yang membuat aromanya lebih aromatik dan segar. Lalu, ada juga aroma orris, fig, dan rose yang membuat aromanya lebih seimbang. Sehingga, Anda akan merasa sedang menari-nari di taman bunga dengan rintikan hujan yang menenangkan hati dan pikiran. 

 

Terakhir, ada aroma vetiver, papyrus, dan moss yang lebih hangat dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Rasanya mirip seperti saat Anda menghangatkan diri tepat di depan api unggun tepat setelah menari di bawah hujan seharian. It will make you more inspired and energized.

2. Home of Humans - A Much Better Living Room

produk Home of Humans - Much Better Living Rooms

 

Selain itu, Anda juga bisa memakai Home of Humans - A Much Better Living Room. Diffuser ini punya aroma menyegarkan di awal yang dibuka oleh lemon, bergamot, dan tuberose. Setelah itu, ada wangi yang manis dan penuh bunga karena aroma coconut, lily of the valley, dan ylang ylang. 

 

Pada bagian akhir, ada aroma sandalwood, woody ambery, serta white musk yang hangat dan relaxing. Karena itu, Anda bisa membuat suasana meja kerja Anda terasa lebih baik dengan kehadiran pewangi ruangan yang satu ini. 

3. Home of Humans x BCA - This is A Safe Space

produk Home of Humans x BCA - This is A Safe Space

 

Terakhir, ada Home of Humans x BCA - This is A Safe Space yang bisa membuatmu merasa aman dan nyaman meskipun harus duduk di meja kerja seharian. Aroma lemon, white tea, dan lime di awal akan membuka petualangan. 

 

Lalu, lily of the valley, crisp green accord, dan ozonix akan menyapa di tengah perjalanan. Sebelum akhirnya Anda akan bertemu dengan musky, vetiver, dan clove di akhir perjalanan yang menghangatkan. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mulai bekerja setelah libur panjang lebaran dengan diffuser dari HMNS?