Apakah Boleh Membawa Parfum di Pesawat? Ini Ketentuannya!

Apakah boleh membawa parfum di pesawat? Pastinya, tidak sedikit dari Anda yang bertanya-tanya tentang hal itu. Terutama bagi Anda yang memiliki rencana untuk liburan, bekerja, belajar, atau melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Ini adalah informasi penting yang jelas tidak boleh terlewati. 

Sebab, apabila melanggar aturan, parfum kesayangan Anda bisa saja disita oleh pihak bandara. Rasanya sayang jika hal itu terjadi kepada Anda. Terlebih, mengingat harga parfum yang biasanya tidak murah. Karena itu, Anda harus tahu apakah boleh membawa parfum di kabin pesawat atau tidak. 

Penjelasan lengkapnya akan Anda temukan di section selanjutnya! 

Apakah Boleh Membawa Parfum di Pesawat?

Orang yang sedang berada di bandara 

Ternyata, parfum termasuk ke dalam barang yang diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat. Hal ini berlaku untuk hampir semua bandara di dunia sejak tahun 2006. Di Indonesia, dasar hukumnya adalah Peraturan Dirjen Perhubungan Udara nomor skep/43/iii/2007 tanggal 6 maret 2007.[1]

Dalam aturan tersebut, tercatat jika Anda bisa membawa parfum ke dalam kabin. Jika Anda ingin tahu apakah boleh membawa skincare di pesawat, dalam peraturan yang sama tercatat bahwa Anda juga boleh membawanya. Baik itu dalam bentuk cairan, gel, hingga aerosol, parfum dan skincare yang merupakan keperluan pribadi, bisa Anda bawa. 

Lalu, bagaimana cara membawa parfum di kabin pesawat? 

Syarat pertama, itu adalah parfum yang Anda gunakan untuk keperluan pribadi. Jadi, Anda memang hanya bisa membawa satu botol saja, entah itu parfum yang Anda bawa dari rumah maupun yang dibeli dari duty-free shop bandara. Membawa banyak parfum untuk keperluan komersial lah yang tidak diperbolehkan. 

Ketentuan Membawa Parfum di Pesawat

Sebotol parfum

Meskipun Anda boleh membawa parfum untuk keperluan pribadi, namun Anda tidak bisa membawanya sembarangan. Petugas bandara akan tetap menyita parfum tersebut jika menyalahi aturan. Secara garis besar, Anda perlu memperhatikan ukuran dan cara membawa parfum, yaitu sebagai berikut! 

1. Ukuran Parfum

Aturan pertama adalah mengenai ukuran parfum yang bisa Anda bawa. Jumlah cairan yang boleh dibawa ke kabin pesawat adalah 100 ml per penumpang, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Adapun ketentuan ini sudah ditetapkan oleh organisasi penerbangan sipil seperti ICAO (International Civil Aviation Organization) yang juga diadopsi oleh banyak negara. Lebih dari itu, parfum tersebut tidak akan bisa lolos screening.

Peraturan ini berlaku sejak tahun 2006, karena ada teroris yang menyelundupkan bahan peledak ke dalam pesawat. Pada saat itu, mereka mengemasnya seakan-akan cairan tersebut adalah minuman. Untuk meminimalkan risiko tersebut, sekarang peraturan tentang cairan diperketat, termasuk untuk parfum. 

2. Cara Membawa Parfum

Selain tahu berapa banyak parfum yang boleh dibawa ke pesawat, pastikan untuk membawanya dengan tepat. Anda tidak bisa mengemas parfum tersebut ke dalam koper, namun harus dalam kantong plastik transparan dengan ukuran 30 x 40 cm. 

Di samping parfum, Anda juga perlu memasukkan skincare lain ke dalam kantong yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan petugas pemeriksaan bandara serta mencegah apabila terjadi tumpahan. 

penggunaan kantong yang tidak sesuai standar dapat mengakibatkan penolakan oleh petugas keamanan. Beberapa bandara atau maskapai biasanya menyediakan kantong yang sudah terstandarisasi, bahkan juga mengizinkan penggunaan pouch pribadi, tetapi harus memenuhi standar keamanan yang berlaku, sehingga disarankan untuk memeriksa aturan keamanan bandara atau menghubungi maskapai penerbangan sebelum melakukan perjalanan.

Rekomendasi Parfum Berukuran 100 ML

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi parfum 100ml dari HMNS ! 

1. Unrosed

Produk parfum Unrosed

Parfum pertama yang wajib Anda bawa adalah Unrosed. Parfum ini menjadi unik berkat metodenya yang mengusung teknik Soliflore. Metode ini menghadirkan seni konstruksi aroma bunga, namun bukan berasal dari bunga itu sendiri.

Dihasilkan dari tanaman asli Indonesia, Palmarosa, parfum ini memancarkan wangi mawar yang menyegarkan. Unrosed menghadirkan aroma bunga dan elemen tanah yang membumi, menciptakan pengalaman yang unik dan istimewa.

2. Unpatched

Produk parfum Unpatched

Selanjutnya ada HMNS Unpatched, parfum pionir dengan konsep bioteknologi ini menawarkan pengalaman wewangian istimewa dengan ekstraksi dari tanaman patchouli yang dikenal sebagai akigalawood, menciptakan aroma super tahan lama dan sillage yang memukau. 

Parfum ini merupakan karya seni wewangian yang memadukan ilmu pengetahuan modern dan keindahan alam, menghadirkan harmoni aroma sweet-smokey dengan kombinasi top notes Vanilla Madagascar, Jasmine Sambac, dan Chocolate, serta middle notes Caramel, Akigalawood, dan Rose. Base notes Tonka Bean Brazil, Amber, dan Musk melengkapinya dengan kelembutan, mengajak Anda dalam eksplorasi dari keunikan alam dan canggihnya bioteknologi melalui setiap semprotan.

3. Untitled Humans

Produk parfum Untitled Humans

Terakhir, ada Untitled Humans yang tidak boleh Anda lewatkan. Parfum hasil kolaborasi HMNS dengan Maliq & D'Essentials ini memang unik. Sebab, inspirasinya datang dari sifat manusia yang super kompleks. 

Pada top notes, Anda akan mencium wangi violet leaves, coriander, dan ambrette. Lalu, pada middle notes ada aroma velvet, figolide™ dan rose absolute. Sedangkan pada base notes ada wangi cypriol, jungle essence™, sandalwood, dan vanilla. 

Jadi, setelah mengetahui jawaban dari apakah boleh membawa parfum di pesawat, sudah siapkah Anda untuk membawa parfum kesayangan ke tempat tujuan? Sebagai informasi, selain ketiga rekomendasi parfum di atas, HMNS juga memiliki varian parfum lain yang tidak kalah keren dan flight-friendly!