Apakah Parfum Bisa Kadaluarsa? Ini Tanda-tandanya & Tips Parfum Awet

"Apakah parfum bisa kadaluarsa?"

 

Pertanyaan tersebut mungkin pernah mampir di benak Anda, apalagi jika Anda hobi mengoleksi parfum. Maka dari itu, mari mengulik lebih dalam tentang masa kadaluarsa parfum.

Apakah Parfum Memiliki Masa Kadaluarsa?

Bagi banyak orang, menggunakan parfum sudah menjadi 'ritual' wajib sebelum beraktivitas. Meski begitu, tidak banyak yang menyadari bahwa parfum memiliki masa kadaluarsa.

 

Ada banyak penyebab mengapa parfum bisa kadaluarsa, seperti paparan sinar, oksidasi, perubahan suhu ruang, hingga penurunan kualitas kemasan parfum. Umur simpan parfum sangat bergantung pada formulasi serta cara penyimpanan parfum itu sendiri.

 

Karena masa kadaluarsa sangat bergantung pada kebiasaan pengguna, kebanyakan brand parfum tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa dengan jelas. Meski begitu, BPOM menyatakan bahwa parfum bisa kadaluarsa dalam waktu 2 tahun.

 

Lantas, apakah boleh memakai parfum yang sudah kadaluarsa?

 

Secara umum, parfum yang sudah melewati masa kadaluarsa masih bisa digunakan. Akan tetapi, ada risiko penggunaan yang bisa menyertai seperti iritasi atau munculnya reaksi alergi. Jadi, jika tetap ingin menggunakan parfum kadaluarsa, Anda bisa mengetesnya di kulit terlebih dulu.

Tanda Parfum Kadaluarsa

Bagaimana cara mengetahui parfum Anda sudah kadaluarsa atau belum? Salah satu hal yang bisa diketahui bahwa parfum sudah kadaluarsa adalah dengan adanya perubahan pada aroma.

 

Parfum yang kadaluarsa kemungkinan besar akan memiliki aroma yang berbeda dibandingkan saat Anda membelinya. Perbedaan ini ditandai dengan turunnya intensitas atau daya tahan aroma di kulit Anda. Akan tetapi ada juga kemungkinan wangi parfum berubah menjadi tidak sedap.

 

Lalu, apakah perubahan warna pada parfum menandakan bahwa parfum tersebut kadaluarsa? Perubahan warna tidak berarti parfum tersebut sudah basi. Perubahan warna ini dapat terjadi karena beberapa bahan alami yang terkandung dalam parfum, seperti vanilla, yang secara alami dapat menguning seiring waktu. Meskipun demikian, parfum tersebut tetap aman digunakan dengan catatan untuk tidak menyemprotkan parfum langsung ke pakaian untuk menghindari kemungkinan noda.

 

Penting juga untuk memahami bahwa penurunan kualitas parfum bukan disebabkan oleh usia saja. Banyak kolektor parfum yang masih menyimpan parfum berusia 10 tahun atau lebih. Penurunan kualitas biasanya terjadi karena partikel atau komposisi parfum yang rusak, yang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama, penyimpanan di tempat yang tidak tepat, atau faktor lainnya.

 

Jadi, pastikan untuk menyimpan parfum Anda di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung untuk mempertahankan keharumannya.

3 Cara agar Parfum Tahan Lama

Ingin membuat parfum Anda berumur panjang? Coba praktikkan cara berikut ini:

1. Hindari Tempat-Tempat yang Lembap

Tempat simpan parfum yang lembap dapat membuat umur parfum jadi lebih singkat. Pasalnya, kelembapan dapat merusak reaksi kimia yang menentukan intensitas aroma parfum. Selain itu, tempat penyimpanan yang lembap juga memudahkan pertumbuhan bakteri dan jamur pada parfum.

 

Beberapa contoh tempat lembap yang sering digunakan untuk meletakkan parfum adalah kulkas dan kamar mandi. Kedua tempat ini tidak ideal untuk meletakkan parfum karena suhunya tidak stabil, sehingga rawan terjadi kondensasi parfum. Jadi, sebisa mungkin hindari kedua tempat tersebut untuk menyimpan parfum.

2. Letakkan Parfum di Tempat yang Sejuk

Segala hal yang mengeluarkan panas merupakan musuh alami parfum, misalnya paparan sinar matahari atau suhu ruangan yang panas dan tidak stabil. Maka dari itu, pastikan Anda meletakkan parfum di tempat yang sejuk, misalnya di dalam lemari.

3. Tutup Rapat Kemasan Parfum

Jika ingin parfum Anda awet lebih lama, pastikan kemasan parfum sudah tertutup rapat jika Anda tak sedang menggunakannya. Hal sederhana ini dapat membantu meminimalkan proses oksidasi pada parfum yang dapat memengaruhi daya tahan komponen kimia di dalamnya.

Sensasi Eksplorasi Parfum Bersama HMNS

Parfum Anda sudah kadaluarsa? Berarti sudah saatnya mengeksplorasi parfum baru. Ini beberapa rekomendasinya:

1. Essence of the Sun (EoS)

Parfum HMNS Essence of the Sun (EoS)

 

Essence of the Sun (EoS) adalah parfum yang diracik khusus untuk Anda yang menyukai aroma yang unik dan elegan.

 

Begitu disemprot, EoS akan membawa Anda memasuki hutan tropis saat matahari terbit. Wangi kayu dan bunga yang bercampur dengan aroma embun dan matahari pagi menghasilkan sensasi segar dan lembut, namun tetap manis dan hangat.

 

Paduan aroma bergamot, cedarwood, dan coriander seeds yang memberi aroma woody berempah dengan sejumput sensasi pedas. Sementra itu, Indian Jasmine, Turkish Rose, dan Tiare Flower menyajikan rangkaian wangi bunga yang menggoda.

 

Solar Accord merupakan 'bintang utama' pada EoS, dengan aromanya yang energizing, bak matahari pagi. Sebagai penutup, EoS menghadirkan tonka bean dan ambrette yang memberi kesan creamy.

2. Untitled Humans

Parfum Untitled Humans HMNS

 

Diformulasikan khusus sebagai bentuk kolaborasi dengan Maliq & D'essentials, Untitled Humans akan membawa Anda menyusuri kebun rempah-rempah yang bermandikan cahaya matahari.

 

Keunikan Untitled Humans dibuka dengan aroma coriander, violet leaves, dan ambrette yang manis berempah. Kehadiran Figolide pun menambah keunikan tersendiri, dengan aroma khas buah yang baru saja dibelah. Tak lupa, aroma velvet dan Rose Absolute membentuk dimensi wangi yang romantis nan kompleks.

 

Sebagai penutup, Untitled Humans menawarkan aroma sandalwood, cypriol, dan Vanilla Jungle Essence yang segar dan manis. Hasilnya adalah sebotol parfum dengan wangi yang rich, sophisticated, harmonis, dan senantiasa menimbulkan semangat.

3. The Perfection

Parfum The Perfection HMNS

 

Berkolaborasi dengan Christian Sugiono, The Perfection merupakan kesempatan Anda untuk memiliki aroma yang clean dan segar. Aroma cengkih, pala, bergamot, dan elemi membuka perjalanan Anda dengan sensasi berempah dan woody.

 

Kesan maskulin pada The Perfection cukup kuat dengan adanya aroma driftwood, sandalwood, leather, dan musk. Meski begitu, sensasi lavender, lily of the valley, dan green pear mampu menambahkan aroma floral yang menenangkan, bagaikan angin sore yang menerpa padang bunga.

 

Apakah parfum bisa kadaluarsa? Sekarang jawabannya sudah Anda ketahui dengan jelas. Tapi, jangan sedih lama-lama, mari perdalam eksplorasi dunia olfaktori bersama HMNS!