First Impression: Makna dan 7 Tips Mengesankan di Awal Jumpa

First impression adalah kesan yang muncul di benak orang lain ketika pertama kalinya bertemu dengan kamu.

Ini hal penting, karena bisa menentukan keberhasilan hubungan kamu, entah di urusan sosial, karir, hingga asmara.

Yuk, kenali apa yang dimaksud dengan first impression, dan 7 tips rahasia cara membuat orang menyukai kita sejak detik pertama.

Arti dan Pentingnya First Impression

First impression artinya kesan pertama, yaitu rasa dan pikiran yang timbul dari orang lain di awal jumpa, bahkan ketika belum berbicara.

Kesan ini memang bias, tapi bisa menentukan keseluruhan perjalanan relasi kamu. Dalam psikologi dikenal sebagai: Halo Effect.

Contoh first impression ketika pertama kali ketemu gebetan. Kalau menurut dia kamu orang yang asyik, maka hampir pasti hubungan kalian bakal lanjut sampai jadian.

Sebaliknya, kalo misalnya kesan pertamanya kamu kayak ngebosenin, selanjutnya bakal sulit mempertahankan hubungan.

Jadi, penting banget untuk memberikan kesan pertama yang mengesankan di setiap pertemuan. Mau itu urusan karir, hobi, komunitas, sampai percintaan.

Lantas, bagaimana cara membuat orang menyukai kita sejak pertama jumpa?

Tips Membangun Kesan Pertama yang Positif

Ada beberapa cara untuk membuat orang lain terkesan sejak awal pertemuan. Kamu bisa menerapkan 7 cara praktis membuat orang menyukai mu berikut ini.

1. Penampilan yang Bersih

Penampilan adalah hal pertama yang paling orang lihat dari diri kamu. Meski banyak orang bilang “Don’t judge a book by its cover”, tapi secara refleks, orang akan selalu membuat penilaian pertama, dan itu dari penampilan.

Karena itu, upayakan untuk selalu tampil bersih saat menemui seseorang pertama kali. Penampilan bersih dan terawat menunjukkan kamu menghargai diri sendiri dan orang yang kamu temui.

2. Senyum yang Tulus

Senyum adalah cara tercepat memenangkan hati lawan bicara. Wajah yang tersenyum mengesankan pribadi yang gembira, hangat, ramah, dan terbuka. Semua orang suka.

Namun, pastikan untuk menanamkan ketulusan dalam senyuman kamu. Caranya mudah, tersenyumlah bukan hanya dengan bibir dan mulut, tapi juga dengan binar mata kamu.

3. Mata yang Tertarik

Selain senyum, kontak mata juga penting untuk kesan pertama. Kontak mata yang baik menunjukkan kepercayaan diri, ketertarikan, dan rasa hormat. Ini membuat lawan bicara merasa kamu menghargainya.

Tapi, jangan lupa untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Kesannya kamu jadi agresif. 

Paling mudah yaitu dengan cara berusaha menebak dalam hati warna mata lawan bicara kamu. Lakukan secara santai sambil tersenyum simpul.

4. Bahasa Tubuh yang Positif

Pandangan umum menempatkan orang yang percaya diri lebih dominan dari orang yang kikuk. Karena itu penting menampilkan bahasa tubuh yang positif di pertemuan pertama.

Contoh bahasa tubuh positif seperti: bahu yang rileks, gerakan pelan yang elegan, dan tubuh yang condong ke depan, seolah berusaha mendekatkan jantung masing-masing.

Semua gestur tersebut menampilkan kesan kamu kuat, dapat diandalkan, dan tetap menghargai orang lain.

5. Sapa dan Sebut Nama dengan Benar

Nama adalah nada paling indah untuk seseorang. Setiap orang akan memberikan rasa hormat pada orang lain yang memanggil namanya dengan benar.

Karena itu, di 5 detik pertama perkenalan, pastikan kamu menyapa, memperkenalkan diri dan menanyakan nama lawan bicara, lalu menyebutkannya dengan benar. 

Semakin panjang dan sulit nama yang bersangkutan, semakin ia akan terkesan.

6. Pujian dan Humor

Setiap orang senang tertawa dan suka menerima pujian. Makanya, pujian dan humor selalu jadi senjata ampuh untuk membuat orang suka.

Tantangannya yaitu untuk memberikan pujian yang tidak terkesan agresif dan humor yang tidak menyinggung.

Cara mudahnya bisa dengan memuji yang terlihat, seperti outfit, penampilan, ekspresi, gaya rambut, dan sebagainya. 

Adapun untuk humor, mulailah dengan menceritakan pengalaman kamu yang agak “bodoh” dan suka kamu tertawakan sendiri. Contoh seperti ketika pertama kali mencoba sesuatu.

7. Parfum yang Berkelas

Musik dan aroma adalah dua cara termudah untuk mempengaruhi mood dan suasana. Keduanya bekerja di alam subliminal yang membuat seseorang merasa hal tertentu tanpa sadar.

Sementara musik butuh persiapan yang rumit, aroma dapat menempel selalu dengan kamu.

Contoh parfum yang memiliki kesan kuat dan cocok untuk pertemuan pertama adalah Alpha & Orgsm dari HMNS.

sebotol Alpha dari HMNS

HMNS Alpha adalah parfum premium dengan aroma unik green tea sebagai heart notes. Seperti menyesap teh hijau di pagi hari, aromanya membangkitkan gelombang rasa syukur di sel tubuh kamu, meniupkan ketenangan dan kebahagiaan.

Aroma top notes dari citrus dan green grass seperti hembusan angin pagi hari yang menyegarkan dan berenergi. Disambut dengan green tea dan ditutup dengan aroma kayu cedar, memberikan kamu energi dan keberanian menghadapi dunia.

sebotol Orgsm dari HMNS dan buah apple merah

Sementara itu Orgsm dari HMNS lebih terasa intim dan romantis. Rasa segar yang muncul dari aroma apel sebagai top notes menjadi pengantar sempurna bagi sentuhan floral yang mewah dan elegan.

Aroma lembut rose, jasmine, dan peony sebagai heart menciptakan keintiman dan mood romantis yang tak dapat ditolak. Selanjutnya, kehangatan amber dan manis vanilla bean sebagai base seperti mendorong interaksi lebih dekat dan menggairahkan.

Setelah memahami apa itu first impression dan cara menciptakan pertemuan pertama yang berkesan, tak perlu lagi khawatir urusan jadi berantakan.

First impression adalah langkah awal kesuksesan dalam sebuah hubungan, dan HMNS akan membantumu menciptakan kesan pertama yang tak terlupakan.