Ingin Membangun Rumah Nyaman? Catat Tips & Triknya!

Pada dasarnya, perasaan nyaman adalah kebutuhan penting bagi semua manusia. Karena itu, rasa ini harus Kamu pertimbangkan ketika ingin membangun atau memperbaiki suasana rumah. Sebab, siapa pun pasti ingin rumah nyaman

Rasa nyaman itu terjadi jika Kamu merasa rileks dan sejahtera saat berada di dalam rumah, karena Kamu dapat mengatur semua aspek di sana sesuai keinginan Kamu.[1] Preferensi pribadi pun pasti memiliki peranan penting. Sebab, suatu hunian bisa saja terasa nyaman bagi Kamu, tapi tidak untuk orang lain. 

Lalu, bagaimana caranya membangun rumah yang nyaman bagi diri sendiri maupun keluarga? Ini tipsnya!

Tips & Trik Membangun Rumah Nyaman

Bagi Kamu yang ingin lebih betah saat pulang, ikuti tips rumah nyaman di bawah! 

1. Pastikan Memiliki Ventilasi Udara yang Cukup

Ventilasi udara

Sebenarnya, definisi hunian yang nyaman dan bersahaja tidak harus besar dan mewah. Kamu pun dapat menciptakan rumah nyaman sederhana. Tipsnya adalah menjaga hunian agar tidak terasa sumpek.  

Karena itu, penting untuk memiliki ventilasi udara. Jika takut nyamuk atau serangga masuk, tutup dengan jaring-jaring. Namun, pastikan jika setiap ruangan memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. 

Sebagai tambahan, Kamu dapat membuka jendela di setiap pagi hari dari pukul 6 hingga pukul 10 pagi. Biarkan udara segar masuk ke dalam agar suasana hunian tidak terasa sumpek lagi. 

2. Tidak Hanya Udara, Rumah juga Perlu Cahaya

Sinar matahari masuk ke dalam rumah

Selain sirkulasi udara, suatu hunian juga membutuhkan cahaya. Karena itulah dalam setiap tips tentang rumah, pencahayaan akan selalu masuk ke dalam daftarnya. Namun tentu bukan hanya lighting dari lampu saja, namun juga dari sinar matahari. 

Hal ini karena cahaya matahari ampuh untuk membuat Kamu lebih bahagia. Sebab, sinar matahari bisa menstimulasi produksi serotonin dan endorphin di dalam otak.[2] Kedua hormon tersebut adalah hormon yang berpengaruh pada suasana hati atau mood Kamu. 

Selain itu, sinar matahari juga merupakan antiseptik alami yang ampuh membunuh kuman dan bakteri. Keuntungan lainnya, pencahayaan alami ini juga ampuh mengurangi tagihan listrik karena tidak perlu menyalakan lampu di siang hari. 

3. Pemilihan Furniture yang Tepat Adalah Kuncinya

Ruangan yang rapi dan bersih

Kemudian, memastikan jika Kamu memakai furniture yang pas juga bagian dari bagaimana menciptakan suasana rumah menjadi nyaman. Membeli furniture yang aesthetically pleasing memang menjanjikan. Hanya saja, Kamu juga harus memikirkan fungsinya, terutama jika ukuran hunian tak terlalu besar. 

Karena itu, tipsnya adalah memilih furniture dengan memperhatikan ukuran ruangan. Lalu, perhatikan juga bagaimana lokasi penempatan barangnya. Pastikan posisinya sudah ergonomis dan nyaman saat digunakan. 

4. Kombinasikan Warna yang Bisa Memberi Efek Menenangkan

Color palette

Selanjutnya, pemilihan warna juga tidak kalah esensial. Hal ini memang akan sangat bergantung pada preferensi pribadi. Namun, pilihlah warna yang sekiranya memiliki harmoni dan tidak akan membuat mata Kamu sakit. Hal ini karena warna bisa berdampak pada suasana hati dan emosi.[3]

Kamu bisa memilih warna favorit sendiri. Kemudian, gunakan palet warna yang paling pucat di ruang tidur dan ruang kerja, satu warna di atasnya untuk ruang tamu dan ruang keluarga, serta palet warna paling gelap di dapur dan ruang makan. 

5. Gunakan Pengharum Ruangan

Produk Home of Humans - A Room Full of Ideas

Terakhir, Kamu bisa menggunakan pengharum ruangan agar suasana hunian lebih menenangkan. Hal ini karena selain indera penglihatan, indera penciuman juga memiliki peranan yang sangat penting dalam memengaruhi suasana hati. Kamu bisa mencoba produk reed diffuser untuk hal ini. 

Rekomendasi Pengharum Ruangan agar Rumah Terasa Lebih Nyaman

Dari penjelasan di atas, mungkin Kamu sudah menyadari tentang siapakah yang dapat menciptakan kenyamanan dalam rumah. Iya, jawabannya adalah diri Kamu sendiri. Untuk poin yang terakhir, Kamu bisa mencoba beberapa varian reed diffuser dari Home of Humans berikut ini! 

1. A Room Full of Ideas

Produk A Room Full of Ideas

Bagi Kamu yang suka wangi petrichor atau wangi setelah hujan dengan hint woody, A Room Full of Ideas bisa Kamu coba. 

Top notes: Rain Accord, Lavender, Bergamot

Middle notes: Fig, Orris, Rose

Base notes: Papyrus, Vetiver, Moss

2. A Much Better Living Room

Produk A Much Better Living Room

Jika Kamu lebih menyukai wangi yang relaxing dari white florals seperti bunga sedap malam, ylang - ylang, serta sedikit hint woody, maka A Much Better Living Room adalah jawabannya.

Top notes: Bergamot, Lemon, Tuberose

Middle notes: Lily of the Valley, Coconut, Ylang Ylang

Base notes: Woody Ambery, Sandalwood, White Musk

3. Room Of Love N Dre..eam

Produk Room Of Love N Dre..eam

Untuk Kamu yang ingin meningkatkan kualitas tidur dan lebih nyaman di kamar tidur, coba Room Of Love N Dre..eam

Top notes: Lavender, Tonka Beans, Nashi Pear

Middle notes: Lily of the Valley, Vanilla Madagascar, Rose 

Base notes: Cedarwood, Musky, Caramel

4. This Room Makes Me O

Produk This Room Make Me O

Jika Kamu lebih suka aroma fruity, flowery, dan sweet, maka This Room Makes Me O adalah jawabannya. 

Top notes: Red Apple

Middle notes: Jasmine, Rose, dan Peony

Base notes: Vanilla Beans, Amber, Sweet Gourmand

5. This is A Safe Space

Produk This is A Safe Space

Terakhir, ada This is A Safe Space yang memiliki aroma segar dan citrusy. Pastinya, wewangian ini sangat worth it untuk dicoba. 

Top notes: White Tea, lemon, Lime

Middle notes: Crisp Green Accord, Lily of the Valley, Ozonix

Base notes: Vetiver, Musky, Clove

Jadi, apakah Kamu sudah siap untuk membangun rumah nyaman dan aman?  Pastikan Kamu sudah mencatat semua tips dan triknya, ya!