Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Mata Terkena Semprotan Parfum

Apakah Anda pernah tidak sengaja menyemprotkan parfum ke area mata? Ketika kecelakaan kecil itu terjadi, tidak jarang Anda merasa panik. Terlebih ketika rasa perih mulai muncul. Lalu, apa yang akan terjadi ketika mata kena parfum dan bagaimana untuk cara mengatasi hal itu? 

Pada dasarnya, di dalam parfum terdapat kandungan alkohol yang cukup tinggi. Sedangkan alkohol merupakan salah satu chemicals yang bisa menimbulkan cedera mata atau eyes injury. Karena itu, apabila Anda ingin tahu apakah aman jika mata terkena parfum, maka jawabannya adalah tidak. 

Lalu, apa yang harus dilakukan jika mata terkena parfum? Berikut ini risiko yang mungkin terjadi saat mata kena parfum dan cara mengatasinya! 

Apa yang Akan Terjadi saat Mata Terkena Parfum?

Orang yang tersemprot parfum di area mata 

Ketika parfum masuk ke area mata, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala berikut:

  • Mata terasa panas dan terbakar. 
  • Mata jadi kemerahan. 
  • Muncul rasa perih 
  • Timbul rasa nyeri di area mata. 
  • Mata jadi berair. 
  • Ketidakmampuan sementara (temporary inability) untuk membuka mata. 
  • Sensasi mengganjal di area mata. 
  • Penglihatan yang kabur. 
  • Kelopak mata membengkak.[1]

Di atas merupakan gejala mata terkena parfum dalam skala ringan dan sedang. Gejala tersebut akan terasa ketika bahan kimia dari parfum masuk ke area kelopak mata atau konjungtiva, yang termasuk area terluar mata. 

Namun, jika kandungan kimia tersebut sudah masuk ke dalam kornea, maka gejalanya bisa jauh lebih serius. Risiko terburuk, Anda bisa mengalami kebutaan sementara atau kebutaan permanen.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Terkena Parfum? 

Karena berhubungan dengan mata yang merupakan salah satu indera penting bagi manusia, Anda memang harus segera memeriksakannya ke tenaga medis. Namun, sebelum itu, ada beberapa pertolongan pertama jika mata terkena parfum yang bisa dilakukan, agar terhindar dari cedera yang lebih serius. 

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika tidak sengaja menyemprotkan parfum ke mata. Cara yang sama juga berlaku jika mata anak terkena parfum

1. Jangan Mengucek Mata

Orang yang mengucek mata

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan mengucek mata. Ini adalah hal yang sering diabaikan dan dilupakan karena ada gerakan reflek saat Anda merasa panik. Padahal, mengucek mata bisa membuat chemicals yang terkandung di dalam parfum menyebar ke area mata yang lain. 

Potensi cedera pun bisa lebih tinggi akibat gesekan tersebut. Jadi, pastikan untuk jangan panik dan jangan menguceknya sama sekali karena itu bukanlah solusi untuk mengatasi mata yang terkena bahan kimia, termasuk parfum. 

2. Bersihkan Mata dengan Air Mengalir

Orang yang mencuci wajah

Alih-alih menguceknya, Anda bisa membersihkan mata dengan air bersih yang mengalir. Jika ada, gunakan air dengan suhu hangat. Miringkan kepala Anda ke samping dan tuangkan air dengan lembut dan hati-hati. Biarkan air mengalir ke mata Anda agar bahan kimia tersebut bisa hilang. 

Hanya saja, mencuci mata memang tidak akan langsung menghilangkan kandungan kimia dari parfum. Karena itu, setelah mencuci mata, Anda bisa membantu mempercepat prosesnya dengan terus berkedip agar air mata terus keluar. Zat chemicals di dalam parfum pun akan keluar bersama air mata tersebut. 

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Orang yang memakai obat tetes mata

Pada umumnya, efek perih di area mata akan hilang dalam hitungan menit setelah Anda mencucinya. Hanya saja, apabila efek kemerahan di sekitar mata masih ada, Anda bisa memakai obat mata terkena parfum untuk menyembuhkannya. Obat tetes mata biasanya akan membantu untuk meredakan iritasinya. 

4. Segera Konsultasi ke Dokter

Orang yang sedang berkonsultasi dengan dokter

Namun, jika Anda merasakan gejala yang lebih serius, maka akan lebih baik untuk datang langsung ke pusat kesehatan, baik itu klinik, rumah sakit, maupun puskesmas. Contoh gejalanya seperti kelopak mata yang membengkak, penglihatan kabur, hingga rasa perih yang seakan tidak ada habisnya. 

Sebab, bisa jadi ini bukan sekadar iritasi, namun ada cedera yang lebih serius di area mata yang lebih dalam. Karena itu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih jauh. Hal ini karena cedera tersebut bisa mengakibatkan kebutaan permanen jika tak segera ditangani. 

Karena itu, Anda pun perlu lebih berhati-hati saat memilih parfum. Pastikan jika parfum tersebut tidak akan merusak organ apa pun di tubuh Anda, termasuk mata. Pilihlah parfum yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Jika mengandung alkohol, pastikan jika jenisnya adalah etanol dan bukan metanol. 

Temukan berbagai parfum eau de parfum dan extrait de parfum dari salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah HMNS. Hal ini karena HMNS memiliki banyak pilihan parfum berkualitas yang aman karena seluruh produknya sudah bersertifikat BPOM. Bahkan, saat mata kena parfum, tidak akan ada cedera serius. Dengan catatan, Anda segera melakukan pertolongan pertama sesuai cara-cara di atas.