Reed Diffuser Adalah : Cara Menggunakan dan Manfaatnya

“Reed diffuser bisa membuat ruangan menjadi lebih wangi dengan aroma yang menenangkan dan menyegarkan”

Mencium aroma wewangian bisa meningkatkan mood dan konsentrasi otak.[1] Salah satu wewangian yang recommended untuk ruangan adalah reed diffuser. Reed diffuser adalah salah satu jenis diffuser tanpa menggunakan listrik yang bisa menyebarkan aroma ke setiap penjuru ruangan.

Wangi ruangan akan lebih tahan lama dengan menggunakan diffuser ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakannya.

Ingin tahu apa itu reed diffuser, perbedaanya dengan diffuser lainnya, dan apa saja manfaat menggunakannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Reed Diffuser dan Cara Menggunakannya

reed diffuser diatas meja minimalis

Pengertian reed diffuser adalah diffuser atau wewangian yang menggunakan stik untuk menebarkan wewangiannya, oleh karenanya disebut juga dengan stik pengharum. Mungkin selama ini yang Anda tahu untuk membuat wangi ruangan hanyalah air diffuser atau lilin aromaterapi. 

Pada dasarnya, fungsi dari diffuser ini sama dengan aromaterapi air diffuser yaitu untuk mengharumkan ruangan. Hanya saja, diffuser ini tidak membutuhkan api atau listrik. Anda hanya membutuhkan stik kayu atau bambu yang akan menyerap minyak esensial yang akan disebarkan ke seluruh ruangan.

Cara menggunakan reed diffuser sangat sederhana yaitu celupkan saja stik ke dalam botol yang sudah diisi dengan minyak esensial. Nantinya stik akan menyerap minyak esensial yang ada di dalamnya lalu menyebarkannya. 

Stik yang digunakan adalah stik yang terbuat dari kayu berongga. Biasanya kayu yang digunakan adalah rotan atau bambu.

Perbedaan Reed Diffuser dan Air Diffuser

reed diffuser, air diffuser dan lilin aromaterapi di atas meja

Ada beberapa perbedaan reed diffuser dan air diffuser mulai dari cara kerja, ketahanan wanginya, dan wangi yang dihasilkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Sistem Kerja

Jelas cara kerja reed dan air diffuser sangat berbeda. Cara kerja reed diffuser adalah cukup celupkan batang ke dalam botol minyak esensial. Nantinya batang akan menyerap minyak lalu menyebarkan wanginya di ruangan tersebut.

Sedangkan air diffuser cara kerjanya adalah dengan menyebarkan uap yang dihasilkan dari campuran air dan essential oil. Nantinya, campuran ini akan dipanaskan dengan listrik, lalu uapnya  yang akan menyebarkan harum ke ruangan.

2. Daya Tahan Wanginya

Dari segi ketahanan wanginya juga berbeda. Reed diffuser wanginya lebih tahan lama. Pasalnya air diffuser membutuhkan listrik untuk menghasilkan uap. Jika listriknya Anda padamkan, maka wangi pun akan hilang karena sudah tidak ada uap lagi.

Sedangkan reed diffuser bisa tahan lama sampai 3-6 bulan. Anda tidak perlu mengganti air. Cukup isi ulang essential oil ketika sudah habis.

3. Aroma yang Dihasilkannya

Reed diffuser menghasilkan wangi yang lebih lembut dan bisa Anda atur intensitasnya. Sedangkan air diffuser wanginya lebih stabil dan sedikit strong

Rekomendasi Reed Diffuser dari Home of Humans dan Manfaatnya

reed diffuser Home of Humans - This Room Make Me O dari HMNS

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan reed diffuser, yaitu:

1. Meningkatkan Suasana Nyaman saat Kumpul Keluarga

Home of Humans - Much Better Living Room

Aroma yang dihasilkan reed diffuser bisa membuat suasana semakin nyaman ketika kumpul keluarga. Rekomendasi diffuser untuk ruang keluarga adalah Home of Humans - Much Better Living Room. Reed diffuser dari Home of Humans ini mempunyai aroma floral dari bunga sedap malam dan kenanga, serta woody dari sandalwood.

2. Meningkatkan Produktivitas dengan Aroma Petrichor

Home of Humans - A Room Full of Ideas

Aroma dari reed diffuser juga bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa meletakkannya di ruang kerja.

Rekomendasi reed diffuser untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah Home of Humans - A Room Full of Ideas dari Home of Humans.  Aroma yang dihasilkan dari reed diffuser ini adalah aroma petrichor yang merupakan aroma khas tanah atau rerumputan yang terkena air hujan.. Aroma hujan akan memberikan kesegaran tersendiri dan bisa membantu memunculkan ide baru.

3. Membantu Lebih Rileks dan Nyaman Sebelum Tidur dengan Aroma Lavender

Home of Humans - Room Of Love N Dre..eam

Menghirup aromaterapi juga bisa membantu Anda lebih rileks dan nyaman sebelum tidur. Dengan demikian nantinya tidur Anda bisa lebih nyenyak dan berkualitas.

Rekomendasi diffuser yang bisa Anda gunakan sebelum tidur adalah Home of Humans - Room Of Love N Dre..eam dari Home of Humans. Wangi dasarnya adalah bunga lavender yang akan membantu Anda lebih rileks saat istirahat.

4. Enhance Mood saat Quality Time dengan yang Tersayang di Kamar Tidur

Home of Humans - This Room Make Me O

Reed diffuser juga bisa meningkatkan mood saat sedang pillow talk atau quality time bersama pasangan. Anda bisa menggunakan Home of Humans - This Room Make Me O dari Home of Humans.

Dengan 50% parfum, top note dari reed diffuser ini adalah  red apple, dan middle notes florals dari Rose, Jasmine, Peony yang memberikan kesan luxury dan romantis.

5. Boost Mood dengan Wangi Citrus yang Fresh

Home of Humans x BCA - This is A Safe Space

Reed diffuser juga bisa meningkatkan mood atau menambah semangat. Aroma yang cocok untuk boost mood adalah Home of Humans x BCA - This is A Safe Space dari Home of Humans. Aroma citrus dari reed diffuser ini akan membuat Anda menjadi lebih fresh dan bersemangat kembali.

Sekarang Anda sudah tahukan reed diffuser adalah salah satu wewangian yang tahan lama dan mempunyai banyak manfaat. Anda bisa langsung mengunjungi store offline atau online Home of Humans untuk mendapatkan rekomendasi reed diffuser.