Scented Candle: Cara Seru Aromaterapi di Rumah

Scented candle adalah istilah lain dari lilin aromaterapi. Saat ini, penggunaan lilin aromaterapi semakin populer sebagai pengharum ruangan.

Seperti apa scented candle dan manfaatnya? Bagaimana cara penggunaan yang benar? Adakah rekomendasi scented candle yang wangi dan menggugah mood?

Temukan semua ulasan tersebut di artikel ini.

Apa Itu Scented Candle

Scented candle atau lilin aromaterapi adalah jenis lilin yang terbuat dari campuran bahan lilin dan minyak esensial.

Karena itu, ketika lilin ini terbakar, timbul aroma khas minyak esensial yang bisa berfungsi sebagai aromaterapi. 

Jenis lilin aromaterapi biasanya terbuat dari bahan lilin: parafin, lebah, kelapa, atau campuran. Adapun untuk aromaterapinya, bisa berupa aroma bunga, buah, rempah, kayu, dan lain-lain.

Manfaat Scented Candle

Kebanyakan, penggunaan lilin wangi ini bukan untuk mendapatkan pencahayaan, tapi untuk menikmati aroma khas minyak esensialnya sebagai pewangi ruangan.

Dari sini, manfaat lilin aromaterapi termasuk:

  • Relaksasi: aroma dari scented candle dapat mengurangi stres dan rasa cemas, serta membantu meraih ketenangan tubuh dan pikiran;
  • Tidur berkualitas: aroma tertentu dapat membantumu lebih mudah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas, contohnya seperti wangi lavender;
  • Fokus: aroma khusus seperti peppermint dan rosemary terbukti dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, memudahkan untuk belajar dan meningkatkan kinerja;
  • Mood: aroma wangi dari lilin aromaterapi bisa meningkatkan mood dan membuatmu merasa lebih bahagia;
  • Gairah: aroma harum dari ylang-ylang dan yasmine bisa meningkatkan gairah dan rasa intim.

Selain sebagai room fragrance, scented candle juga memiliki nilai estetik karena tampilannya yang unik. Jadi, bisa sebagai unsur dekorasi yang cantik dalam ruangan.

Cara Menggunakan Scented Candle

Untuk mendapatkan aroma yang optimal dari lilin aromaterapi, kamu tidak bisa menyalakannya seperti lilin biasa.

Ada beberapa tips cara menggunakan lilin aromaterapi yang perlu kamu perhatikan, mulai dari awal menyalakan, hingga proses mematikannya.

Sebelum Penggunaan

Sebagai persiapan, kamu perlu memperhatikan hal berikut:

  1. Pilih lilin dengan aroma yang kamu sukai.
  2. Gunakan kontainer yang aman seperti dari gelas atau logam, bukan plastik yang berisiko terbakar.
  3. Tebarkan serpihan lilin di kontainer secukupnya. Ingat bahwa setelah meleleh, tinggi lilin akan berkurang dari awalnya.
  4. Potong sumbu lilin hingga sekitar 0,5 - 1 cm dari permukaan agar apinya tidak terlalu besar sehingga nyala lilin bisa lebih lama dan optimal.
  5. Kalau kamu menggunakan scented candles dari HMNS, kamu bisa bypass langkah 2-4, karena lilin aromaterapi dari HMNS sudah menyatu dengan kontainernya.
  6. Tempatkan lilin jauh dari kipas, AC, dan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Saat Penggunaan

  1. Nyalakan lilin selama 1-2 jam sampai seluruh permukaan lilin meleleh, bukan tengahnya saja.
  2. Setelah bagian atas permukaan lilin meleleh, teteskan minyak esensial yang kamu sukai. Beranilah mencoba kombinasi minyak yang berbeda untuk mendapatkan aroma yang kamu inginkan.
  3. Kalau kamu menggunakan scented candles dari HMNS, kamu bisa melewatkan langkah 2, karena lilin aromaterapi dari HMNS sudah mengandung essential oil langsung.
  4. Jangan tinggalkan lilin dalam keadaan menyala. Maksimal lilin menyala 4 jam agar tidak berjelaga dan mengeluarkan asap.

Setelah Penggunaan

Begitu selesai dan lilin siap dimatikan, ikuti langkah berikut:

  1. Matikan lilin tanpa meniupnya. Bisa menggunakan alat pemadam dengan jentikan atau tenggelamkan sumbu lelehan lilin (kalau pakai cara kedua, segera tegakkan lagi sumbu setelah api mati).
  2. Diamkan sejenak. Jangan pindahkan lilin sebelum mengeras agar tidak tumpah.
  3. Simpan lilin di tempat yang sejuk dan kering agar awet. Hindari tempat yang terpapar panas tinggi.

Dengan cara seperti di atas, wangi yang keluar dari lilin aromaterapi akan menyebar ke seluruh penjuru ruangan dan tahan lama.

Rekomendasi Lilin Aromaterapi

Tips memilih lilin aromaterapi biasanya berdasarkan jenis bahan lilin dan aroma yang diinginkan.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengikuti rekomendasi scented candles berikut.

Home of Humans - Time to O

Time to O from HMNS

Time to O bisa dibilang sebagai bentuk scented candle dari parfum paling populer, Orgsm from HMNS. Kamu mungkin sudah mengenalinya sebagai parfum yang menghembuskan aroma keintiman, kemewahan, dan romansa.

Aroma pembukanya membawa kesegaran dari buah apel yang baru dipetik. Selanjutnya, aroma floral dari rose, jasmine, dan peony bakal mengisi ruangan kamu dengan romansa nan mewah.

Paduan amber yang hangat dengan vanilla bean yang manis lalu akan meresapkan keintiman yang mendalam di jiwamu. Segala kelelahan pun terasa sirna, berganti dengan perasaan cinta, diinginkan, dan terlindungi.

Kamu juga bisa menggunakannya sebagai lilin aromaterapi untuk meningkatkan libido dan keintiman.

Home of Humans - Let’s Call It a Day

Let’s Call It a Day from HMNS

Let’s Call It a Day adalah perwujudan dari rasa syukur dan kepuasan bahwa hari ini telah berlalu dengan sebaik-baiknya. Kini, tiba saatnya untuk merayakannya.

Heart note berisikan aroma inti kombinasi dari cheese cake, blueberry, dan jeruk mandarin yang membangkitkan nuansa manis dan segar. 

Sensasi  seperti menikmati kue-kue yang lezat dan manis di kamar yang nyaman setelah seharian berlelah-lelah di dunia luar.

Let’s Call It a Day ini sangat cocok sebagai lilin aromaterapi untuk meningkatkan mood dan semangat.

Scented candles adalah sebuah cara mudah untuk menikmati hidup dengan penuh kebahagiaan. Temani harimu dengan lilin aromaterapi dari HMNS dan nikmati hidupmu sepenuhnya.