7 Film Tentang Parfum, Ada yang Lucu, Sweet hingga Horor

Indra apa yang bekerja paling aktif saat Anda menonton film? Jawabannya tentu saja indra penglihatan dan pendengaran. Meski begitu, ada beberapa film tentang parfum yang bisa menggugah indera penciuman dengan cara mengundang rasa penasaran Anda. Ini beberapa di antaranya.

7 Rekomendasi Film tentang Parfum

Film apa saja yang menggunakan parfum sebagai vocal point? Ini jawabannya.

1. Perfume: The Story of a Murderer

Poster film Perfume The Story of a Murderer

 

Film tentang parfum dari manusia ini mungkin adalah film tentang parfum yang paling terkenal. Bahkan mungkin Anda sudah mendengarnya.

 

Cerita film “Perfume” berpusat pada Jean-Baptiste Grenoulle, seorang pemuda biasa yang terpikat pada aroma alami tubuh wanita. Obsesi ini memicunya untuk membunuh wanita, terutama yang masih muda dan lajang, demi mengekstrak aroma tubuhnya.

2. Nose

Poster film Nose

 

Dokumenter yang rilis pada tahun 2021 ini memperlihatkan aktivitas dan proses kreatif François Demachy. Ia adalah seorang pembuat parfum yang ada di balik parfum-parfum legendaris Dior.

 

Tak hanya memberi kesempatan bagi penonton untuk mengintip apa yang terjadi di balik proses penciptaan parfum, terutama parfum haute seperti Dior, dokumenter ini juga memberi inspirasi bagi banyak orang yang ingin menjadi pembuat parfum.

3. The Perfume of the Lady in Black

Poster The Perfume of the Lady in Black

 

Film horor Italia yang rilis pada tahun 1974 ini menceritakan tentang Silvia, seorang manager laboratorium kimia yang kesulitan menghadapi halusinasi yang memunculkan trauma masa kecilnya.

 

Parfum menjadi hal yang paling sering muncul dalam setiap halusinasi Silvia. Sayangnya, seiring waktu, Silvia mulai kesulitan membedakan halusinasi dan kenyataan, hingga akhirnya ia terpaksa mengetahui fakta mengejutkan tentang orang-orang terdekatnya.

4. Perfume

Poster drama Korea Perfume

 

Bosan dengan film bernuansa horor dan thriller? Anda bisa mencoba nonton drakor “Perfume”.

 

Drama komedi romantis ini menceritakan tentang Min Jae-hee yang mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup setelah menghirup aroma parfum misterius. Hal ini mempertemukan Jae-hee dengan Seo Yi-Do yang kemudian menjadi target asmaranya. Drama ini kental dengan kisah perjalanan hidup dan perkembangan diri.

5. The Perfumier

Poster film The Perfumier

 

Film yang rilis tahun 2022 ini memiliki sedikit kesamaan dengan film “Perfume: The Story of a Murderer”. Meski begitu, film ini menawarkan sudut pandang lain yang menarik.

 

“The Perfumier” menceritakan tentang seorang detektif wanita yang kehilangan indera penciumannya. Sayangnya, satu-satunya hal yang bisa mengembalikan indra penciuman tersebut hanyalah parfum buatan Dorian. Siapa siangka, Dorian ternyata menggunakan bahan yang tak biasa untuk membuat parfum tersebut.

6. The Legend of Fragrance

Poster film The Legend of Fragrance

 

The Legend of Fragrance merupakan drama TV yang sangat terkenal di China. Drama dengan genre romantis ini menceritakan kisah dua keluarga yang meraih kemakmuran dalam industri parfum.

 

Inti cerita “The Legende of Fragrance” berpusat pada persaingan dua keluarga yang sering kali menggunakan taktik yang licik, mulai dari percobaan pencurian formula parfum hingga membeberkan rahasia dan aib pesaingnya. Meski begitu, drama ini juga bercerita tentang perkembangan diri dan perjuangan tokoh utama.

7. Coco Chanel & Igor Stravinsky

Poster film Coco Chanel & Igor Stravinsky

 

“Coco Chanel & Igor Stravinsky” adalah sebuah drama yang rilis tahun 2009. Film ini merupakan adaptasi dari "Coco dan Igor", sebuah novel fiksi yang menceritakan tentang kisah cinta penuh skandal Coco Chanel, seorang fashion designer, dan Igor Stravinsky, seorang komposer, yang terjadi pada tahun 1920.

 

Parfum Chanel No.5 yang legendari merupakan titik vokal dari drama ini. Parfum tersebut menjadi simbol cinta dan kemewahan yang menyatukan kedua tokoh tersebut.

HMNS: Cerita dalam Sebotol Parfum

Parfum Essence of the Night (EON) dari HMNS

 

Dari plot film-film tersebut, Anda bisa tahu bahwa parfum bukan hanya sekadar produk yang memberikan aroma harum pada penggunanya. Sebotol parfum bisa mengandung sejuta cerita, dan cerita setiap pengguna parfum bisa berbeda-beda.

 

Hal itulah yang bisa Anda dapatkan dalam sebotol parfum Essence of the Night dari HMNS. "Essence of the Night" mengisahkan cinta yang tak terduga antara seorang dewi bunga dan seorang manusia biasa bernama Terra. Dewi bunga, yang telah mengamati Terra selama bertahun-tahun dari dunia lain, terpesona oleh dedikasi Terra yang setiap malam menghabiskan empat jam untuk menyiram bunga di bukit di belakang desanya. Meskipun pada awalnya dia tidak menyadari bahwa itu adalah cinta, perasaan tersebut tumbuh seiring waktu.

 

Suatu malam, Terra tidak muncul di bukit, membuat sang dewi cemas. Tidak bisa menahan kekhawatirannya lagi, dia menampakkan dirinya untuk mencari Terra dan menemukannya tertidur di bawah semak-semak. Saat Terra terbangun dan melihatnya, dia tidak takut dan justru mendekatinya. Sang dewi memperkenalkan dirinya sebagai Dewi Bunga yang selalu diperhatikan oleh Terra. Setelah malam itu, mereka selalu bersama setiap malam, menyiram bunga bersama dan saling jatuh cinta.

 

Namun, kebersamaan mereka tidak bertahan lama. Suatu malam, sang dewi tidak muncul lagi. Terra tetap setia menyiram bunga setiap malam, meskipun hatinya hancur. Hingga suatu malam, dia melihat bunga putih yang mekar saat dia datang dan kuncup saat dia pergi. Bunga itu adalah wujud baru dari sang dewi, yang telah dihukum karena melanggar larangan berhubungan dengan manusia. Dalam wujud bunga, dia tetap membutuhkan perhatian Terra agar bisa mekar sekali setiap tahun, sebagai tanda bahwa dia masih ada dan masih mencintai Terra. Bunga ini dikenal sebagai 'Wijaya Kusuma' atau 'Ratu Malam', yang menjadi inspirasi dari aroma karya terbaru HMNS, "Essence of the Night".