Mengenal Jenis-Jenis Pengharum Ruangan, Kenali Perbedaannya!

Tahukah Kamu jika kondisi suatu ruangan bisa mempengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental? Terutama, bila Kamu menghabiskan banyak waktu di ruangan tersebut.[1] Kamu wajib merasa nyaman. Caranya adalah dengan memilih furniture, warna cat, dan jenis pengharum ruangan yang tepat. 

Furniture dan warna cat bisa memberi rasa nyaman secara visual. Sedangkan pengharum ruangan atau room fragrance bisa memberikan rasa nyaman melalui indera penciuman. Keduanya memiliki efek psikologis yang ampuh dalam menentukan suasana hati, manajemen stres, dan produktivitas saat bekerja.[2] 

Nah, kalau interior sudah pas dan Kamu kesulitan menentukan apa saja pewangi ruangan yang bisa dipilih untuk melengkapinya, simak semua tentang hal tersebut di sini!

Jenis-Jenis Pengharum Ruangan

Secara garis besar, ada beberapa jenis room fragrance berbeda yang bisa Kamu gunakan. Cara membedakannya yang paling mudah adalah dengan melihat bagaimana penggunaannya: ada yang dibakar, disemprot, dan diberi reed stick. Berikut penjelasan yang lebih lengkapnya! 

1. Reed Diffuser

reed diffuser HMNS yang ditaruh diatas meja

Jika Kamu ingin pengharum ruangan seperti di hotel, maka reed diffuser adalah jawabannya. Pengharum jenis ini memiliki wewangian yang bisa tahan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, tergantung kualitas wewangiannya. 

Pada umumnya, reed diffuser aman untuk digunakan sebagai pengharum ruangan ber-AC. Sebab, selain termasuk pengharum ruangan yang tahan lama dan bisa memberikan wangi konstan, fragrance ini juga lebih aman untuk digunakan.

Kamu tidak perlu menyemprotkan atau membakarnya untuk mengaktifkan wewangian ini, cukup celupkan reed stick ke dalam botol dan wanginya bisa segera Kamu nikmati. 

Hanya saja, biasanya harga room fragrance ini memang lebih mahal daripada jenis lain. Sebab, komposisinya yang lebih banyak menggunakan minyak atsiri daripada alkohol dan air. 

2. Room Spray

Room sprayer

Selain reed diffuser, jenis room fragrance lain yang cukup awam ditemui adalah room spray. Seperti namanya, Kamu perlu menyemprotkannya ke dalam ruangan untuk bisa mencium wanginya. Hanya saja, biasanya wangi tersebut hanya akan bertahan selama beberapa jam, tidak tahan lama seperti reed diffuser

Pasalnya, hampir semua room spray bersifat aerosol. Pada awalnya, molekul dari wewangian ini berbentuk cair. Namun saat disemprotkan ke dalam ruangan, molekul akan berubah menjadi gas. Karena gas bersifat mudah menguap, efeknya wanginya pun akan hilang dalam hitungan jam. 

Karena itu, biasanya harga room spray lebih murah daripada reed diffuser. 

3. Lilin Aromatherapy

Lilin aromatherapy

Jenis terakhir adalah lilin aromatherapy. Room fragrance jenis ini memang memiliki visual yang berbeda dari room fragrance yang lain. Ini sebabnya, Kamu akan lebih mudah membedakannya. 

Cara mengaktifkan wewangiannya adalah dengan membakarnya. Selama lilin menyala, maka wewangian tersebut akan tetap tercium. Kamu pun bisa menggunakan lilin tersebut berkali-kali selama sumbunya masih ada. 

Hanya saja, jika Kamu mencari pengharum ruangan kipas angin atau untuk ruangan ber-AC, hindari memakai lilin. Saat membakarnya, akan ada emisi dari asap yang kurang baik untuk kesehatan. Kabar baiknya, lilin aromatherapy punya efek relaksasi yang cocok sebagai pengharum kamar tidur

Jadi, sebagai tips, lebih baik untuk mematikan AC dan kipas angin saat ingin menggunakan room fragrance jenis lilin. 

Rekomendasi Pengharum Ruangan dari HMNS

Setelah Kamu mengetahui apa saja jenis-jenis room fragrance dan perbedaannya, kini saatnya melihat rekomendasi pengharum ruangan. Di bawah ini adalah daftar lengkapnya! 

1. Home of Humans - A Much Better Living Room

Produk Home of Humans - A Much Better Living Room

Bagi Kamu yang tertarik untuk menggunakan reed diffuser, A Much Better Living Room dari Home of Humans bisa Kamu coba. Reed diffuser ini bisa memberikan efek nyaman dan menenangkan dengan kombinasi notes bunga aromaterapi. Jangkauan aromanya luas dan bisa tercium di ruangan dengan ukuran sampai dengan 20m2. 

Top notes: Bergamot, Tuberose, dan Lemon (perpaduan fresh dan flowery) 

Middle notes: Ylang ylang, Coconut, serta Lily of the Valley (perpaduan flowery dan sweet) 

Base notes: White Musk, sKamulwood, dan Woody Ambery (perpaduan woody dan musky) 

2. Home of Humans - Neutraliser

Produk Home of Humans - Neutraliser

Jika tertarik untuk mencoba room spray, Neutraliser dari Home of Humans bisa Kamu jadikan pertimbangan. Kamu dapat menggunakannya setiap kali ruangan terasa bau atau kurang segar. 

Top notes: Clary Sage (fresh) 

Middle notes: Black Tea (fresh) 

Base notes: Birch Wood (woody) 

3. Home of Humans - Comfortiser

Produk Home of Humans - Comfortiser

Selain itu, Kamu juga bisa mencoba Comfortiser dari Home of Humans jika Kamu lebih menyukai room spray dengan aroma buah dan bunga. Wewangian ini bisa membuat Kamu lebih nyaman dan betah di dalam ruangan. 

Top notes: Mandarin, Iced Pear, dan Green Apple (fruity) 

Middle notes: Rose, peach, dan Lily of the Valley (fruity dan flowery) 

Base notes: Woody Ambery, Marine, Musk (woody dan musky)

Jadi, sudahkah Kamu menentukan pilihan dari berbagai jenis pengharum ruangan di atas? Selain beberapa pilihan tersebut, Kamu juga bisa mengeksplorasi wewangian lain di HMNS!