Heatwave adalah: Pengertian & Pilihan Parfum di Cuaca Panas

Cuaca panas yang belakangan ini muncul disebabkan oleh heatwave yang sedang melanda Indonesia. Heatwave adalah kondisi terjadinya peningkatan suhu secara signifikan di atas rata-rata normal pada suatu wilayah tertentu dan berlangsung dalam periode waktu yang cukup lama.[1]

 

Nah, di tengah terjangan heatwave 2024, video-video viral di media sosial ramai memperlihatkan keluhan orang-orang terhadap bau parfum yang menyengat. Ya, tak semua parfum cocok dipakai saat cuaca panas seperti ini.

 

Pemilihan parfum yang salah bukan hanya membuat Anda tidak nyaman, tapi juga bisa mengganggu orang-orang di sekitar.

Pengaruh Parfum di Cuaca yang Panas

Seorang pria dan wanita yang menutup hidung karena bau badan di tengah cuaca panas

 

Pemakaian parfum di cuaca panas tentu saja bertujuan untuk memperharum diri agar orang-orang yang yang berinteraksi dengan Anda lebih nyaman. Sayangnya, tidak semua parfum cocok untuk Anda kenakan di cuaca panas belakangan ini. Pemakaian wangi parfum yang salah justru dapat mengganggu kenyamanan.

 

Dengan heatwave Indonesia 2024 ini, parfum yang Anda semprotkan dapat tercium lebih kuat dari biasanya. Tidak hanya itu, aroma parfum yang sebelumnya wangi juga bisa tercium kurang enak. Hal ini dapat membuat siapapun yang menciumnya menjadi pusing dan terganggu dengan aromanya.

Aroma Parfum yang Kurang Cocok untuk Cuaca Panas

Deretan botol-botol parfum dari kaca

 

Seperti yang disebutkan, kondisi heatwave Indonesia akhir-akhir ini dapat membuat parfum yang Anda kenakan tercium lebih kuat daripada biasanya. Untuk itu, Anda perlu menghindari pemakaian parfum dengan aroma yang kuat. Alih-alih wangi, parfum beraroma kuat justru bisa membuat Anda bau menyengat di cuaca panas.

 

Beberapa wangi yang sebaiknya Anda hindari adalah wangi-wangi yang kuat seperti  oud, amber, dan juga musk. Selain itu hindari juga parfum-parfum manis, seperti vanila karena bisa membuat orang-orang di sekitar Anda mual dan sakit kepala. 

Aroma Parfum yang Cocok di Saat Cuaca Panas

Botol-botol parfum dengan aroma citrus serta bunga yang cocok untuk cuaca panas

 

Di tengah terik matahari, Anda memerlukan wewangian dengan harum yang bisa menyejukkan dan membuat siapapun yang menciumnya merasakan kesegaran.

 

Di cuaca panas yang berlebihan ini, Anda lebih disarankan menggunakan wewangian dengan aroma lembut yang fresh, layaknya wangi-wangi citrus. Contohnya bergamot, lime, lemongrass, dan grapefruit yang segar.

 

Baca Juga: 4 Cara Memilih Parfum yang Tepat Berdasarkan Jenis Aromanya

 

Anda juga bisa memakai parfum dengan aroma bunga yang lembut, seperti jasmine, rose, lily of the valley, serta lavender. Selain itu, aroma akuatik dan green yang refreshing seperti mint, basil, dan marine notes juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tips Menggunakan Parfum di Cuaca Panas

Seorang wanita menyemprotkan parfum di pergelangan tangan

 

Selain memilih aroma parfum yang pas untuk cuaca panas, ini beberapa tips agar Anda bisa tetap wangi di cuaca panas:

1. Less is More

Di cuaca panas, menyemprotkan sedikit parfum sudah lebih dari cukup. Aplikasikan dengan ringan agar aroma tidak menjadi terlalu kuat atau menyengat. 

2. Lembapkan Kulit Sebelum Memakai Parfum

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan mempertahankan aroma parfum lebih lama meski Anda hanya menyemprotkan sedikit parfum di pergelangan tangan.

 

Baca Juga: 7 Cara Memakai Parfum agar Tahan Lama Wanginya

 

3. Semprotkan Parfum pada Bagian dalam Pakaian

Selain pergelangan tangan, Anda juga bisa menyemprotkan parfum pada bagian dalam pakaian. Cara ini memungkinkan kain untuk menahan aroma dengan lebih baik, melepaskannya secara perlahan sepanjang hari. 

Rekomendasi Parfum yang Cocok di Cuaca Panas

Menghadapi heatwave di Asia bisa jadi tantangan tersendiri. Agar tubuh Anda bisa wangi sepanjang hari dan tetap segar, berikut adalah beberapa rekomendasi parfum yang cocok digunakan sehari-hari di tengah suhu yang membara:

1. UNROSED

Produk parfum UNROSED dari HMNS

 

Bagi para pecinta aroma floral, UNROSED menghadirkan pengalaman olfaktori unik dengan aroma mawar yang memikat. Diekstraksi dari Palmarosa dengan teknik Soliflore yang inovatif, UNROSED menawarkan aroma mawar yang lembut dan memikat, berbeda dari aroma mawar tradisional yang umumnya dikenal.

 

  • Penggunaan: Unisex
  • Top Notes: Floral
  • Heart Notes: Earthy
  • Base Notes: Musky
  • Ketahanan: 5 - 7 jam
  • Kekuatan Aroma Parfum: Medium
  • Projection: 1 - 1,5 meter

2. The Perfection

Produk parfum The Perfection dari HMNS

 

Sebuah harmoni yang sempurna! The Perfection menawarkan keseimbangan antara wangi yang  segar dan hangat. Punya wangi yang khas, harum parfum ini akan membuat Anda tampil lebih menonjol.

 

  • Penggunaan: Unisex (Cenderung Masculine)
  • Top Notes: Bergamot, Cengkeh, Nutmeg, Elemi
  • Heart Notes: Tagetes,  Lavender, Lily of the Valley, Green Pea
  • Base Notes: Sandalwood, Leather, Driftwood, Musky
  • Ketahanan: 4 - 6 jam
  • Kekuatan Aroma Parfum: Medium
  • Projection: 2 meter

3. Alpha

Produk parfum Alpha dari HMNS

 

Bayangkan sensasi kesegaran yang membangkitkan semangat dari aroma jeruk segar dan rumput hijau, berpadu dengan teh hijau yang menenangkan. Kombinasi yang pas untuk menghadirkan aura positif dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

Alpha cocok untuk Anda yang ingin tampil penuh energi dan siap menghadapi tantangan.

 

  • Penggunaan: Unisex (Cenderung Masculine)
  • Top Notes: Grass dan Citrus
  • Heart Notes: Wood dan Green Tea
  • Base Notes: Cedarwood dan Vetiver
  • Ketahanan: 3 - 4 jam (Luar Ruangan), Lebih dari 6 Jam (Dalam Ruangan)
  • Kekuatan Aroma Parfum: Medium to Strong
  • Projection: 2 - 3 meter
Heatwave adalah kondisi yang mustahil dihindari, namun Anda tetap bisa tampil dengan wangi dengan pilihan parfum yang tepat. Jangan khawatir, HMNS hadir dengan beragam parfum yang dirancang untuk berbagai kesempatan dan kondisi cuaca, memastikan Anda tetap segar juga percaya diri meski di tengah teriknya hari.