Pilihan Parfum Vanilla yang Tahan Lama & Tips Menggunakannya

Tahukah Anda jika parfum vanilla merupakan salah satu jenis fragrance yang paling populer di dunia? Suatu studi membuktikan jika ada sekitar 60% parfum wanita dan 70% parfum unisex yang memiliki notes vanilla.[1] Alasannya pun cukup sederhana, yaitu karena aromanya yang manis dan pleasant.

 

Selain itu, alasan lain mengapa parfum vanilla sweet menjadi favorit banyak orang adalah karena aroma yang tahan lama. Hal ini karena vanilla memiliki molekul unik yang membuatnya bisa menempel lama di kulit. Karena itu, Anda akan sering menemukan aroma ini sebagai base notes di dalam parfum.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang keunggulan aroma parfum ini, bagaimana tips memakainya, dan apa rekomendasi terbaiknya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya! 

Keunggulan Parfum Vanilla

dua buah vanilla

 

Ada beberapa fakta di balik tingginya popularitas aroma vanilla. Hal ini karena beberapa keunggulan berikut!

1. Tak Lekang oleh Waktu

Menurut catatan sejarahnya, vanilla sudah lama digunakan sebagai pengharum ruangan di kuil dan tempat-tempat suci. Penggunaannya pun semakin luas ketika suku Aztec mulai menambahkan vanilla ke dalam minuman coklat kesukaan mereka. Cara minum coklat ini mulai populer sejak abad ke-15.

 

Pada awal abad ke-18, penggunaan aroma ini mulai berkembang. Di era tersebut, masyarakat tidak hanya menggunakan sebagai campuran coklat saja, namun juga untuk makanan penutup lainnya seperti es krim.

 

Kurang lebih dua abad setelahnya, parfum beraroma vanilla mulai hadir dan dengan cepat menarik perhatian publik. Dominasi aroma ini mulai terasa pada tahun 2000-an hingga sekarang. Bahkan, pada sebuah studi di tahun 2022, vanila dianggap sebagai bau paling menyenangkan di dunia.[2]

 

Jadi, selama puluhan tahun, popularitas aroma ini seakan tidak pernah padam. Alasannya karena vanilla sudah lama dikenal sebagai campuran makanan penutup. Hal ini membuat aromanya terasa homey, nyaman, dan memberikan a sense of belonging.

2. Tidak Mengenal Gender

Jika Anda bertanya-tanya apakah parfum vanilla cocok untuk laki laki, maka jawabannya adalah iya. Pun begitu dengan pertanyaan apakah parfum vanilla disukai wanita, jawabannya juga iya. Inilah alasan mengapa aroma ini sangat sering Anda temui sebagai notes di parfum unisex.

 

Baca Juga: Kenali Manfaat Parfum terhadap Rasa Percaya Diri

 

Vanilla tidak termasuk ke dalam kategori feminin maupun maskulin. Aromanya soft, namun menonjol karena punya kekhasan yang unik. Jadi, aroma ini tidak mengenal gender dan bisa digunakan oleh siapa saja. 

3. Cocok untuk Dipadukan dengan Banyak Aroma Lain

Terakhir, aroma ini juga popular secara universal karena cocok untuk Anda padukan dengan banyak aroma lain. Jika ingin lebih tenang dan terkesan maskulin, maka Anda bisa memadukannya dengan aroma kayu. Apabila ingin lebih segar, tambahkan lemon. Bila ingin lebih manis, maka tambahkan aroma bunga. 

Tips Menggunakan Parfum Vanilla

orang yang menyemprot parfum

 

Sebenarnya, vanilla adalah aroma yang cukup fleksibel. Karenanya, Anda bisa menggunakan parfum ini di hampir semua acara. Namun, Anda paling cocok menggunakannya untuk acara-acara berikut!

 

  • Menghadiri acara formal. 
  • Pergi ke kantor atau kampus. 
  • Makan malam bersama teman, keluarga, atau pasangan. 
  • Aktivitas harian, khususnya saat cuaca sejuk atau di malam hari.

 

Baca Juga: 5 Cara agar Badan Wangi Sepanjang Hari saat Sibuk Seharian

 

Namun, karena aromanya yang cukup menonjol, hindari untuk menggunakannya pada acara-acara berikut! 

  • Ketika cuaca terik. 
  • Konser, terutama di outdoor dan di siang hari. 
  • Menghadiri acara lain yang crowded

Rekomendasi Parfum Vanilla yang Tahan Lama

Pastinya, Anda juga ingin tahu apa parfum vanilla terbaik yang bisa Anda pilih. Karena itu, berikut adalah beberapa rekomendasi parfum vanilla yang tahan lama khusus untuk Anda!

1. Orgsm

produk parfum Orgsm

 

Rekomendasi pertama adalah parfum fenomenal dari HMNS, yaitu Orgsm. Parfum ini berisi semua notes yang paling populer di dunia. Namun, kuncinya ada di biji vanilla, bukan vanillanya itu sendiri. Perpaduan biji vanilla dan amber di base notes membuatnya terasa hangat dan manis di saat bersamaan.

 

Baca Juga: Unwritten Rules tentang Parfum, Wajib Tahu Etikanya! 

 

Selain itu, ada juga aroma apple di base notes, serta rose, jasmine, dan peony di heart notes. Perpaduan aromanya bisa membuat semua orang terpukau. 

2. Darker Shades of Orgsm

produk parfum Darker Shades of Orgsm

 

Jika Anda ingin parfum Orgsm dengan aroma yang lebih maskulin, Darker Shades of Orgsm bisa jadi pilihan. Aromanya pun lebih smoky dengan sentuhan yang sensual dan memikat.

 

Top notes-nya terdiri dari orange blossom, apple, dan pepper yang mampu menggugah rasa. Lalu, ada aroma cypriol, caramel, dan patchouli sebagai heart notes yang hangat dan menggoda. Pada base notes, ada perpaduan vanilla beans, cedarwood, amber, dan vetiver yang membuat Anda terlihat lebih elegan. 

3. Unpatched

produk parfum Unpatched

 

Pilihan lainnya adalah Unpatched, yang bisa memberikan kehangatan ekstra dengan top notes vanilla Madagascar. Kehangatan tersebut kian terasa semakin memeluk Anda ketika aroma akigalawood di heart notes mulai menyapa. Terakhir, ada aroma rose sebagai base notes yang membuat suasana semakin romantis.

 

Jadi, sudah tahu parfum vanilla mana yang paling cocok untuk Anda? Jika Anda ingin aroma yang manis dan segar, Orgasm bisa jadi pilihan. Apabila ingin ada sentuhan smoky dan sensual, Darker Shades of Orgsm adalah jawabannya. Namun, bila ingin aroma yang hangat, Unpatched bisa Anda coba.