Vetiver adalah: Sisi Tersembunyi Aroma Parfum yang Menarik

Memiliki visual yang mirip rumput liar yang menjulang tinggi, tanaman vetiver adalah tanaman menyimpan segudang manfaat yang menakjubkan. Tak hanya bagi lingkungan, vetiver juga jadi salah satu bahan pembuatan parfum dengan aroma harum menenangkan, memberikan sentuhan elegan pada setiap semprotan.

Apa yang Dimaksud dengan Vetiver?

Tanaman vetiver di ladang

 

Vetiver, yang juga dikenal sebagai akar wangi atau Chrysopogon Zizanioides, merupakan tanaman dari keluarga rumput-rumputan yang berasal dari India. Punya manfaat yang cukup besar, tanaman ini telah banyak dibudidayakan di Asia termasuk Indonesia.

 

Secara visual, ciri-ciri tanaman vetiver adalah memiliki daun yang panjang dan menjuntai serta batang yang tegak dan kokoh. Tingginya bisa mencapai lima meter, membuatnya terlihat seperti rumput liar raksasa yang anggun.

Manfaat Tanaman Vetiver

Hampir setiap bagian dari tanaman ini, mulai dari daun hingga akar, memiliki berbagai manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Mencegah Longsor

tebing yang longsor

 

Kekuatan luar biasa dari akar vetiver terletak pada kemampuannya untuk menahan pergeseran pasir dan tanah di sekitarnya. Akar dari vetiver diketahui berserat dan dapat tumbuh hingga tiga meter sehingga kehadirannya dapat mengikat tanah dengan erat.[1]

 

Ketika tanaman Vetiver tumbuh subur dan sehat, ia bertindak sebagai pelindung alami, menjaga tanah dari erosi dan mencegah terjadinya longsor.

2. Menyerap Karbon Dioksida

Karbon Dioksida keluar dari cerobong pabrik

 

Vetiver memiliki kemampuan luar biasa dalam meningkatkan penyerapan karbon dengan meningkatkan kandungan karbon organik yang ada dalam tanah. Proses ini cukup berkontribusi pada pengurangan CO2 di atmosfer, yang pada akhirnya membantu menciptakan udara yang lebih bersih dan baik untuk Anda hirup.

3. Sebagai Antiseptik pada Luka

Luka pada pergelanagan tangan

 

Tanaman vetiver memiliki manfaat yang luar biasa, tidak hanya dalam bentuk mentahnya. Setelah melalui proses distilasi, vetiver menghasilkan minyak atsiri yang berfungsi sebagai antiseptik untuk mengobati luka dan mencegah sepsis.

 

Minyak ini dapat Anda aplikasikan langsung pada luka atau bisa Anda konsumsi secara langsung dengan tujuan melindungi organ dalam tubuh.[2]

4. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka di punggung

 

Tanaman vetiver memiliki sifat cicatrisant, yakni dapat mendorong penyembuhan bekas luka lebih cepat pada kulit. Setelah melalui proses distilasi, ekstrak tanaman vetiver dapat mendorong pertumbuhan jaringan baru, sehingga bekas luka akan semakin tersamarkan seiring berjalannya waktu.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seorang wanita memegang kepala yang pusing karena kekebalan tubuh menurun

 

Tanaman vetiver memiliki berbagai kandungan yang luar biasa, termasuk sifat antioksidan, antiinflamasi, dan juga antiseptik. Kandungan ini membuat vetiver mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan memerangi berbagai ancaman kesehatan terhadap bakteri dan virus.

6. Merangsang Libido

Seorang pria dan wanita berpelukan saat matahari terbenam

 

Menambahkan minyak vetiver ke dalam minuman atau hidangan lainnya bisa memunculkan sifat afrodisiak alaminya. Sifat afrodisiak dari minyak ini tidak hanya meningkatkan libido tetapi juga menambah semangat dan gairah. Efek stimulatifnya dapat menciptakan suasana romantis dan meningkatkan keintiman.

7. Menenangkan Tubuh

Seorang wanita duduk dengan tenang sambil memejamkan mata

 

Dengan aroma harum yang menenangkan, minyak vetiver dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan melepaskan stres yang menumpuk, sekaligus meredakan kemarahan. Penggunaannya membawa ketenangan, menjadikannya solusi alami untuk mencapai kedamaian batin dan keseimbangan emosi.

8. Menjadi Bahan Pembuatan Parfum

Tangan sedang membuat parfum

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman vetiver dapat menghasilkan minyak atsiri. Selain dapat Anda manfaatkan secara langsung sebagai obat oles atau obat makan, minyak ini telah banyak orang gunakan sebagai bahan pembuat parfum.

 

Dalam dunia parfum, minyak vetiver sering menjadi base note atau dasar aroma. Kemampuannya untuk menambah kedalaman, kekayaan, dan ketahanan aroma menjadikan minyak vetiver menjadi bahan wewangian paling populer di dunia.[3]

 

Minyak vetiver wangi apa?  Minyak vetiver menghadirkan aroma yang lembut dan manis, dengan sentuhan earthy dan woody yang khas.

 

Perpaduan aroma ini menciptakan keharuman yang elegan dan menenangkan. Wewangian dengan note vetiver dijamin dapat membantu Anda merasa lebih tenang dalam menjalani keseharian. 

Rekomendasi Vetiver Perfume: HMNS Perfume - The Prestige

HMNS Perfume - The Prestige

 

Jika Anda mencari produk wewangian yang memanfaatkan keajaiban alami minyak atsiri vetiver, HMNS Perfume - The Prestige adalah pilihan yang sempurna.

 

Dengan top note grapefruit, tobacco leaves, serta pink pepper, parfum ini bagaikan suntikan energi yang membangkitkan semangat Anda untuk menjalani hari.

 

Seiring waktu, munculnya aroma patchouli, geranium, dan orris yang flowery dan woody akan menjernihkan pikiran serta meningkatkan mood Anda.

 

Sementara itu, kandungan vetiver sebagai base note pada parfum akan menghadirkan aroma lembut yang menenangkan dan hangat seolah-olah membawa Anda ke tengah hamparan ladang rerumputan saat matahari terbenam.

 

  • Top Note: Grapefruit, Tobacco Leaves, serta Pink Pepper
  • Heart Note: Patchouli, Geranium, dan Orris
  • Base Note: Tolu, Vetiver, dan Labdanum
  • Sillage: Medium
  • Longevity: 5 Jam
  • Projection: 1,5 meter - 2 meter
Parfum dengan vetiver adalah parfum yang orang gemari karena aromanya yang hangat dan menenangkan. Jadi, mengapa tidak mencoba dan merasakan sendiri keajaiban vetiver dalam setiap semprotan HMNS -  The Prestige? Jadikan hari-hari Anda lebih istimewa dengan harum yang memikat dan menawannya!