6 Tips Menata Rumah Baru Agar Nyaman Ditinggali Saat Pindah

Salah satu tantangan yang sering dirasakan ketika pindah rumah adalah membangun suasana nyaman dan homey. Sebab, tepat setelah pindahan, Anda harus beradaptasi atau menyesuaikan diri mulai dari nol lagi. Terkadang, proses ini sulit untuk Anda lewati dan berakibat fatal di hari nanti.

 

Jika suasana rumah tidak nyaman, Anda akan mulai merasa tidak betah. Pada awalnya mungkin biasa saja, namun jika rasa tidak betah ini berkepanjangan, kondisi kesehatan mental Anda akan sedikit banyak terganggu. Padahal, rumah adalah tempat untuk pulang, beristirahat, dan berlindung.

 

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika pindah rumah? Berikut adalah beberapa tipsnya agar rumah terasa seperti “rumah”! 

1. Bersihkan Semua Sudut Rumah Baru

tiga orang yang sedang membersihkan rumah

 

Pada dasarnya, entah Anda pindah ke rumah baru maupun ke rumah bekas, tetap harus dibersihkan. Hal ini karena akan ada banyak debu dan kotoran, terlebih jika rumah tersebut sudah lama tidak ditinggali. Karena itu, hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum pindah adalah membersihkannya.

 

Anda bisa menyapu atau memakai vakum untuk membersihkan setiap sudut rumah. Jangan lupa untuk mengepel seluruh ruangan sebelum membawa barang yang harus dibawa saat pindah rumah. Ini termasuk TV, sofa, set meja makan, lemari, tempat tidur, dan berbagai barang pribadi yang lainnya.

2. Tata Barang-Barang Pribadi

orang yang sedang merapikannya pakaian

 

Setelah setiap sudut ruangan rumah Anda bersih, termasuk kamar tidur dan kamar mandi, Anda bisa mulai menata barang-barang pribadi. Cara menatanya pun cukup mudah, yaitu dengan menyusun barang sesuai kategorinya. Anda bisa membaginya menjadi beberapa kategori, misalnya seperti:

 

  • Pakaian dan fashion item. 
  • Dokumen dan file. 
  • Buku, album, majalah, dan barang-barang sejenisnya. 
  • Kosmetik dan parfum

 

Jika sudah tersusun, Anda tinggal menata barang-barang tersebut ke dalam lemari, rak, meja, dan tempat lainnya. Pastikan semuanya rapi dan enak dilihat. 

3. Mulai Percantik Rumah dengan Dekorasi

orang yang sedang menggantung hiasan dinding

 

Jika rumah sudah terlihat bersih dan rapi, langkah selanjutnya adalah membuat rumah terlihat lebih cantik. Jadi, selain barang pindah rumah yang esensial, pastikan untuk membawa barang-barang dekorasi yang bernilai seni. Misalnya seperti lukisan, hiasan dinding, dan hiasan lain.

 

Anda dapat memasang dekorasi yang bernilai seni tersebut di ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dan di beberapa ruangan lain yang Anda inginkan. Dekorasi ini ampuh untuk membuat ambience ruangan menjadi lebih baik. Jika ambience-nya sudah baik, mood Anda juga lebih mudah menjadi positif. 

4. Pelihara Hewan atau Tanaman Hias

orang yang bermain dengan kucing

 

Salah satu syarat pindah rumah agar terasa lebih nyaman adalah dengan membuat nuansa rumah menjadi lebih hidup. Jika Anda menyukai hewan, maka Anda bisa memelihara satu atau dua di antaranya. Ada banyak hewan yang bisa Anda pilih sebagai teman, seperti kuning, ikan, anjing, dan lain-lain.

 

Namun, jika Anda lebih suka pada tanaman, Anda bisa menghias rumah dengan berbagai jenis tanaman hias. Pilihannya pun tidak kalah banyak. Bahkan, ada banyak tanaman yang tidak sulit untuk Anda urus, seperti kaktus mini, lidah buaya, bunga lily, bunga anggrek, lidah mertua, dan lain sebagainya. 

5. Jangan Lupa Berinteraksi dengan Tetangga

dua orang yang menyapa tetangga

 

Bukan hanya beradaptasi dengan suasana di dalam rumah saja, Anda juga perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Karena itu, jangan lupa berinteraksi dengan tetangga. Anda tidak perlu berteman dekat dengan mereka, namun cukup kenalkan diri dan beri tahu mereka jika Anda baru pindah.

 

Jika Anda bertanya-tanya apakah pindah rumah wajib syukuran, jika Anda merupakan muslim maka sebaiknya iya. Namun, non-muslim pun bisa melakukan hal tersebut. Hal ini karena syukuran rumah baru bukan hanya sebagai ungkapan rasa syukur, namun juga untuk mengenal tetangga baru.

6. Letakkan Reed Diffuser Agar Seisi Rumah Harum

diffuser di dalam kamar

 

Terakhir, Anda bisa meletakkan reed diffuser agar seisi rumah harum. Anda bisa meletakkannya di beberapa titik yang berbeda agar wangi tersebut bisa tersebar ke seluruh sudut rumah. Contohnya seperti di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga di kamar mandi.

 

Baca Juga: Pengharum Kamar Mandi: Solusi Usir Bau dan Rekomendasinya

 

Pilihan aromanya pun bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dan situasi di rumah baru, misalnya seperti:

a. Home of Humans x BAMED - A Room Of Zen

produk Home of Humans x BAMED - A Room Of Zen

 

Pertama, ada Home of Humans x BAMED - A Room Of Zen yang paling cocok untuk Anda yang mencari relaksasi dan ketenangan.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pengharum Ruangan, Kenali Perbedaannya!

 

Aroma lemon blossom, mandarin, dan lemongrass yang segar akan menyambut Anda di awal. Lalu, aroma neroli, lavender, dan citronella mulai menghampiri dan memberikan relaksasi. Terakhir, ada aroma musks dan amberwood di akhir yang akan membelai Anda dengan kehangatan yang menenangkan hati.

b. This Room Makes Me O

produk This Room Makes Me O

 

Jika Anda suka aroma yang lebih manis dan romantis, This Room Makes Me O bisa jadi pilihan terbaik. Diffuser ini terinspirasi dari parfum Orgsm yang fenomenal.

 

Top notes-nya terdiri dari red apple yang menyegarkan dengan middle notes florals dari rose, jasmine, dan peony yang extravagant. Terakhir, ada kehangatan vanilla beans & amber di akhir dengan sentuhan gourmand yang seimbang.

 

Baca Juga: Ingin Membangun Rumah Nyaman? Catat Tips & Triknya!

 

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk pindah rumah? Pastinya, jangan lupa untuk menyimpan pewangi ruangan di sana agar suasana lebih nyaman khususnya produk dari Home of Humans. Hal ini mengingat aroma punya peranan vital dalam kesehatan mental, karena bisa membuat Anda merasa rileks, bebas stress, dan lebih betah di rumah.[1]