Pengharum Kamar Mandi: Solusi Usir Bau dan Rekomendasinya

Pernahkah Anda membayangkan tentang nikmatnya mandi di kamar mandi yang wangi? Bayangkan sejenak, setelah seharian penuh beraktivitas dan merasa lelah, Anda masuk ke dalam kamar mandi yang dipenuhi dengan aroma segar dari pengharum kamar mandi favorit.

 

Aroma harum dan segar yang menyambut Anda seakan-akan menghapus semua kelelahan dan stres yang menumpuk sepanjang hari. Inilah sensasi yang bisa Anda rasakan ketika mandi di kamar mandi yang wangi.

Manfaat Kamar Mandi yang Wangi

Seorang wanita tampak bahagia mandi di kamar mandi yang wangi

 

Tidak banyak yang menyadari bahwa aroma yang menyenangkan memiliki efek yang cukup besar pada manusia.

 

Setelah berjam-jam beraktivitas, baik itu bekerja, berolahraga, atau menjalani rutinitas harian, tubuh dan pikiran sering kali terasa lelah. Namun, ketika Anda memasuki kamar mandi yang wangi, Aroma harum yang semerbak  mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

 

Baca Juga: Rekomendasi Pewangi Ruangan yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

 

Bukan bualan belaka, berdasarkan penelitian, indera penciuman manusia memang berperan penting dalam efek fisiologis suasana hati, stres, dan kapasitas kerja.[1]

 

Aroma yang harum bisa memperbaiki suasana hati, membuat tubuh lebih rileks, dan bahkan memberi semangat baru bagi sebagian orang. Sebaliknya, mencium bau yang tidak sedap hanya dalam lima menit saja sudah cukup untuk membuat suasana hati Anda menjadi buruk dan meningkatan perasaan cemas.[2]

Kendala-Kendala di Kamar Mandi dan Cara Mengatasinya

Seorang wanita sedang membersihkan kamar mandi sambil menutup hidung karena bau apek

 

Kamar mandi, ruangan yang seharusnya menjadi tempat membersihkan diri, terkadang malah menjelma menjadi neraka bagi hidung. Bau apek, amonia, dan aroma tak sedap lainnya selalu saja mengintai, siap menggantikan aroma segar sabun. Mengapa hal ini bisa terjadi?

1. Udara yang Lembap

Kamar mandi yang selalu tertutup membuat udara sulit beredar. Akibatnya, kelembapan terperangkap dan uap air menumpuk, sehingga menimbulkan bau apek yang tidak sedap.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pengharum Ruangan, Kenali Perbedaannya!

 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memastikan ventilasi kamar mandi Anda lancar. Buka jendela atau nyalakan kipas angin sesudah mandi. Anda juga bisa memanfaatkan dehumidifier untuk menyerap kelembapan.

2. Saluran Pembuangan yang Tersumbat

Saluran pembuangan yang tersumbat oleh sisa rambut atau residu sabun bisa menjadi biang keladi bau tak sedap. Untuk menghindarinya, lakukan pemeriksaan secara berkala dan bersihkan secara rutin lubang aliran air. 

 

Kalaupun lubang pembuangan sudah terlanjur tersumbat, Anda bisa memakai alat pembersih pipa atau panggil tukang pipa profesional jika diperlukan.

3. Pakain Kotor dan Handuk di Kamar Mandi

Selain dua masalah di atas, kebiasaan menaruh handuk yang lembap dan kotor juga bisa menjadi kontributor bau yang kurang sedap. Hindari menyimpan handuk atau pakaian kotor di kamar mandi untuk menjaga kebersihan dan kesegaran ruangan.

4. Ada Bakteri dan Jamur yang Tumbuh

Bisa berkembang di toilet maupun wastafel, jamur dan bakteri dapat melepaskan senyawa bau ke udara. Untuk menanggulanginya, Anda perlu rutin membersihkan kamar mandi Anda setidaknya satu kali dalam seminggu. Tidak hanya toilet dan wastafel, tapi juga sudut-sudut kamar mandi.  

Cara Membuat Kamar Mandi Lebih Harum: Room Spray

Seseorang menyemprotkan room spray di kamar mandi

 

Bagaimana agar kamar mandi selalu wangi? Selain mengatasi berbagai masalah yang ada, diperlukan usaha ekstra untuk menciptakan kamar mandi yang wangi. 

 

Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan room spray yang memiliki wangi tahan lama. Mengapa room spray?

1. Awet

Pengharum kamar mandi gantung sering kali cepat menguap atau kering setelah beberapa minggu penggunaan, terutama jika kelembapan kamar mandi tinggi. Sebaliknya, room spray yang tersimpan aman di dalam botol yang kedap udara akan jauh lebih tahan lama. 

2. Wangi yang Instan

Berbeda dengan pengharum ruangan lainnya, room spray tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat ruangan Anda lebih wangi. Sekali semprot aroma semerbak bisa langsung Anda cium.

 

Baca Juga: Scented Candle: Cara Seru Aromaterapi di Rumah

3. Penyimpanan Praktis

Room spray hadir dengan desain botol yang menawan dan praktis. Hal ini membuatnya lebih mudah Anda simpan dan bawa kemana saja. Anda bisa meletakkannya di atas meja wastafel, rak handuk, atau sudut kamar mandi lainnya.

Rekomendasi Room Spray Wangi

Untuk menghadirkan aroma segar dan wangi, berikut rekomendasi pengharum kamar mandi tahan lama dari Home of Humans yang bisa menjadi penyelamat Anda:

Home of Humans - Comfortiser

Produk room spray Comfortiser dari Home of Humans

 

Memiliki kandungan antibacterial, pengharum ruangan kamar mandi ini dapat mengurangi bakteri pembuat bau di kamar mandi.

 

Baca Juga: Pewangi Ruangan Semprot: Fungsional dan Punya Banyak Manfaat

 

Bukan hanya itu, dengan beberapa semprotan saja, Home of Humans: Comfortiser mampu mengubah kamar mandi Anda menjadi oasis pribadi yang memanjakan indera penciuman dengan semerbak wangi buah dan bunga.

  • Top Notes: Mandarin, Green Apple, dan Iced Pear
  • Heart Notes: Rose, Lily of The Valley, dan Peach
  • Base Notes: Woody Ambery, Musky, dan Marine

Home of Humans - Neutraliser

Produk room spray Neutraliser dari Home of Humans

 

Ucapkan selamat tinggal pada bau apek, amonia, dan bau tak sedap lainnya. Dengan teknologi Freshplex, pengharum kamar mandi cair ini dapat menetralisir bau tidak sedap dengan efektif.

 

Baca Juga: 6 Tips Merawat Diffuser Sticks agar Lebih Tahan Lama

 

Tidak berhenti di situ, room spray ini juga akan meninggalkan wangi segar tumbuhan di kamar mandi yang membuat Anda lebih betah mandi.

  • Top Notes: Clary Sage
  • Heart Notes: Black Tea
  • Base Notes: Birch Wood
Bosan dengan bau tak sedap di kamar mandi? Gunakan pengharum kamar mandi: Home of Humans - Neutraliser dan Home of Humans - Comfortiser. Sekali semprot, bau hilang dan kamar mandi jadi lebih wangi!