Apa Itu Alpha? Kenali Karakteristik Alpha & Tipe Kepribadian Lainnya

Pernahkah Anda mendengar tentang tipe kepribadian Alpha? Alpha merupakan salah satu dari enam tipe kepribadian yang cukup terkenal, terutama dalam lingkup budaya populer (pop-culture). Mari kenali lebih dalam tentang apa itu Alpha, bagaimana karakteristiknya, serta 5 jenis kepribadian lainnya.

Tipe Kepribadian Alpha, Kepribadian Para Pemimpin

Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa kategori tipe kepribadian, mulai dari kepribadian berdasarkan zodiak, golongan darah, atau yang baru-baru ini menjadi populer, MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

 

Di luar itu, ada satu lagi tipe kepribadian yang tak kalah menarik, yakni tipe kepribadian berdasarkan hirarki dominasi. 6 tipe kepribadian ini adalah Alpha, Beta, Gamma, Delta, Omega, dan Sigma.

 

Meski tidak memiliki fondasi teori psikologi apa pun dan tidak diketahui secara pasti siapa pencetusnya, teori 6 tipe kepribadian ini cukup populer dalam berbagai aspek. Misalnya saja dalam diskusi kebudayaan, diskusi dinamika sosial, hubungan percintaan, hingga aspek perkembangan diri.

 

Nah, salah satu kepribadian yang menarik untuk dibahas adalah Alpha.

 

Kepribadian Alpha adalah salah satu kepribadian yang cukup menonjol dan mampu menarik perhatian. Orang-orang dengan kepribadian Alpha umumnya memiliki karakter yang dominan, tegas, percaya diri, dan ambisius.

 

Maka dari itu, tidak heran jika kebanyakan orang dengan kepribadian Alpha adalah pemimpin yang menduduki jabatan-jabatan penting. Ini karena Alpha memiliki kemampuan organisasi yang taktis dan bisa berkomunikasi dengan jelas.

Gender Seorang Alpha, Pria atau Wanita?

Saat bicara tentang karakteristik alpha, tidak sedikit orang yang mengaitkannya dengan sosok pria, alias alpha male. Meski begitu, karakteristik ini sebenarnya tidak terbatas pada pria saja.

 

Alpha ber-gender wanita atau alpha female, juga tak kalah banyak. Wanita dengan karakteristik alpha umumnya memiliki kepribadian kuat, dan memiliki ketegasan dan kepercayaan diri yang serupa dengan alpha male.

 

Sebagai tambahan, alpha female umumnya memiliki intelijensi emosional yang baik dan ramah. Maka dari itu, wanita berkarakter Alpha umumnya mudah meraih dukungan banyak orang.

5 Tipe Kepribadian Selain Alpha

Selain Alpha, seperti apa 5 tipe kepribadian lainnya? Ini detailnya

1. Beta

Orang-orang dengan kepribadian beta cenderung memiliki perasaan yang lembut dan sensitif. Para beta cenderung kooperatif karena menghindari konflik, sehingga tak banyak drama di kehidupannya. Selain itu, beta juga memiliki kepedulian tinggi terhadap orang di sekitarnya.

 

Dari segi kemampuan memimpin, sifat alpha dan beta cenderung bertolak belakang. Ini karena alpha secara alami gemar memimpin, sementara para beta cenderung lebih nyaman mengikuti arahan orang lain.

2. Gamma

Orang berkepribadian gamma umumnya memiliki dunianya sendiri. Gamma cenderung enggan untuk terlihat lebih menonjol dari yang lain, dan bisa jadi sangat fokus terhadap tujuan pribadinya.

 

Selain itu, gamma lebih nyaman menjadi 'penonton' di kursi belakang. Orang dengan kepribadian gamma cenderung lebih senang mengamati dan menganalisis dinamika di sekitarnya, serta tidak suka mencampuri urusan orang lain.

3. Delta

Sama seperti gamma, orang-orang berkepribadian delta juga cenderung enggan menonjol, bahkan sedikit pemalu. Delta cenderung memiliki pandangan yang lebih netral dan pintar menempatkan diri sebagai penengah yang adil.

 

Meski tidak sedominan para alpha, delta juga teguh dengan pendapatnya dan enggan ikut-ikutan orang lain tanpa alasan yang kuat.

4. Omega

Para Omega cenderung lebih pemalu daripada delta. Bahkan, jika tak dikelola dengan baik, para omega rentan merasa rendah diri dan tertekan.

 

Meski begitu, omega merupakan sosok yang romantis dan bersemangat, terutama saat membicarakan hal-hal yang disukai. Selain itu, orang berkepribadian omega umumnya sangat diandalkan orang-orang di sekitarnya.

5. Sigma

Bebas, mandiri, dan misterius merupakan karakteristik terkuat dari orang berkarakter sigma. Biasanya, para sigma enggan terlalu bergantung pada orang lain. Karena sigma bisa sangat fleksibel dalam berbagai situasi, tidak banyak orang yang memahami jalan pikiran atau strategi para sigma.

Karakteristik Alpha dalam Sebotol Parfum: HMNS Alpha

Botol parfum HMNS Alpha

 

Bagaimana ya, jadinya, jika karakter Alpha yang percaya diri, powerful, dan berjiwa pemimpin diterjemahkan dalam 'bahasa' parfum? Jawabannya bisa Anda temukan dalam sebotol parfum Alpha dari HMNS.

 

Dibuka dengan aroma citrus dan rerumputan, parfum Alpha akan mengajak Anda memasuki padang rumput luas yang baru saja dibasuh hujan. Aroma segar yang energizing berpadu dengan sensasi clean dan crisp, khas rerumputan yang dilingkupi embun pagi.

 

Tak lama setelahnya, Anda akan dimanjakan oleh aroma green tea yang lembut, memberikan efek menenangkan yang bisa menyeimbangkan aroma citrus. Untuk menambah kompleksitas, Alpha juga menambah aroma wood yang memberi dimensi ekstra pada keseluruhan aroma.

 

Sebagai penutup, nikmati aroma cedarwood dan vetiver yang memberi kesan woody yang hangat, dengan sedikit sensasi rempah yang earthy. Bersatu padu, seluruh notes pada parfum Alpha memberikan pengalaman olfaktori yang menunjukkan dominasi, namun tetap memancarkan pesona menenangkan yang ramah.

 

Sekarang, Anda sudah tahu apa itu Alpha. Tidak merasa seperti seorang Alpha? Jangan khawatir dan tetaplah berekspresi, dapatkan parfum Alpha dari HMNS sekarang dan jadilah sosok Alpha yang percaya diri dan karismatik, apapun kepribadian Anda!