Memahami Apa Itu SPL Parfum & Rekomendasi Produknya

Ketika sedang berburu parfum, Anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar istilah SPL. Lalu, apa itu SPL parfum dan apa saja fungsinya? Ternyata, SPL adalah singkatan dari sillage, projection, dan longevity. Ketiganya penting untuk Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli parfum.

 

Indikatornya pun cukup mudah untuk Anda kenali. Jika Anda sedang menggunakan parfum SPL tinggi, maka aroma yang tercium akan meninggalkan jejak yang kuat. Selain itu, orang lain juga bisa menciumnya dari jarak yang relatif jauh. Aromanya pun bisa tahan lebih lama, biasanya hingga 6-8 jam.

 

Supaya Anda lebih paham, berikut adalah penjelasan tentang apa itu istilah SPL dalam parfum yang perlu Anda tahu! 

Mengenal Istilah Sillage, Projection, dan Longevity dalam Parfum

orang yang sedang memegang parfum

 

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, SPL berasal dari kata sillage, projection, dan longevity. Temukan arti dari ketiganya pada penjelasan berikut! 

1. Sillage

Jika merujuk dari kamus, sillage merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis. Artinya secara literal adalah “trace que laisse un bateau derrière lui”.[1] Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata tersebut berarti “jejak yang ditinggalkan oleh sebuah perahu di belakangnya”.

 

Secara garis besar, sillage parfum memiliki arti yang serupa, yaitu jejak yang ditinggalkan. Namun, bukan oleh perahu, melainkan oleh parfum tersebut. Jadi, meskipun Anda sudah melewati suatu tempat beberapa detik yang lalu, aroma harum dari parfum tersebut masih tercium di tempat itu.

 

Baca Juga: 7 Cara Memakai Parfum agar Tahan Lama Wanginya

 

Kesannya mirip seperti cinta pertama. Meskipun rasa cintanya sudah tidak ada, namun masih ada something lingering yang tidak mudah terlupa. Jejaknya pasti selalu ada. 

2. Projection

Berdasarkan definisi di dalam kamus, projection punya beberapa arti yang berbeda. Arti yang paling populer adalah forecast, memproyeksikan gambar atau film ke dinding, dan sesuatu yang menonjol ke atas tepi suatu benda.[2] Namun, projection parfum ternyata memiliki arti yang berbeda.

 

Singkatnya, projection parfum adalah seberapa jauh aroma parfum tersebut tercium oleh orang lain. Semakin jauh jaraknya, maka semakin bagus. Pancaran aroma ini timbul ketika parfum bereaksi dengan kulit. Pada umumnya, parfum dengan projection yang tinggi bisa tercium hingga 2-3 meter.

 

Kesannya mirip dengan couple yang sedang berada di honeymoon phase. Rasa cinta yang terpancar dari keduanya bisa terasa oleh semua orang yang ada di dekat mereka dan berbagi rasa bahagia. 

3. Longevity

Terakhir, ada longevity parfum yang artinya tidak jauh berbeda dengan arti literal di dalam kamus. Artinya adalah “living for a long time” atau bertahan dalam waktu lama.[3] Jadi, aroma parfum tersebut akan tetap ada dan lingering hingga berjam-jam lamanya.

 

Biasanya, parfum dengan tingkat longevity tinggi bisa bertahan hingga 8 jam. Lebih dari cukup untuk Anda gunakan seharian. Anda tidak perlu re-spray berkali-kali, kemungkinan besar hanya perlu satu kali. Bahkan, terkadang Anda tidak perlu re-spray sama sekali.

 

Kesannya mirip seperti rasa cinta yang abadi. It keeps being there, menemani setiap langkah Anda di setiap hari. Anda hanya perlu mengeluarkan effort minimal untuk mempertahankan rasa cinta tersebut agar tetap ada.

Rekomendasi Parfum dengan SPL Terbaik

Setelah tahu definisinya, kini saatnya Anda mengetahui parfum apa saja yang punya SPL tinggi. Misalnya seperti beberapa produk parfum dari HMNS berikut ini! 

1. Unpatched

produk parfum Unpatched

 

Pertama ada Unpatched, parfum pertama yang mengkombinasikan bioteknologi dan seni wewangian ini dimulai dengan top notes yang menghadirkan kehangatan Vanilla Madagaskar yang menyelimuti Anda seperti pelukan buku yang telah lama akrab. Seiring dengan menetapnya aroma, Akigalawood memberikan sentuhan unik pada keasrian, menjaga hubungan Anda dengan alam. Mawar menambahkan jejak romansa abadi pada setiap gerakan Anda.

2. Farhampton

produk parfum Farhampton

 

Pilihan produk HMNS lainnya yang memiliki SPL parfum tinggi adalah Farhampton. Parfum ini memiliki sillage moderate to heavy dengan projection 2 meter dan longevity selama 6-8 jam. Karena itu, parfum ini bisa Anda definisikan sebagai belahan jiwa yang akan selalu ada untuk Anda.

 

Baca Juga: 4 Cara Memilih Parfum yang Tepat Berdasarkan Jenis Aromanya

 

Aroma bergamot akan menyapa Anda ketika pertama kali menyemprotkan parfumnya. Kemudian, Farhampton akan membawa Anda ke taman bunga, ketika lavender & orange blossom flowers mulai tercium di middle notes. Terakhir, ada aroma amber, cedarwood, dan tonka bean yang hangat sebagai base notes.

3. Darker Shades of Orgsm

produk parfum Darker Shades of Orgsm

 

Di rekomendasi terakhir ada Darker Shades of Orgsm yang bisa jadi pilihan. Parfum ini punya pilihan yang menggoda untuk pecinta aroma yang ingin lebih dari sekadar romansa. Parfum ini memiliki sillage medium dengan projection 1.5 meter dan longevity 5 - 6 jam.

 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan dan Karakteristik Setiap Note Parfum

 

Kombinasi unggul dari top notes seperti lada, apel, dan bunga jeruk membawa sensasi manis yang membangkitkan hasrat, mengundang untuk dicicipi. Aroma hati yang hangat dan manis dari cypriol, patchouli, dan karamel, menciptakan kesan sensual yang memikat. Sensasi manis yang hangat diakhiri dengan sempurna oleh vanilla bean, amber, dan cedarwood, dilengkapi dengan keanggunan dari aroma vetiver yang melingkupi.

 

Jadi, setelah tahu apa itu SPL parfum, mana parfum HMNS yang menjadi favorit Anda? Selain ketiga parfum di atas, HMNS masih punya banyak pilihan parfum lainnya. Jadi, ayo eksplorasi pilihannya sekarang juga di HMNS atau marketplace favorit Anda!