Mencari Aroma Personal yang Unik dengan Teknik Mix Parfum

Bagi sebagian besar orang, aroma personal itu sangat penting. Aroma ini bisa menjadi ciri khas Anda. Jadi, ketika ada orang lain yang mencium wangi tersebut, Anda adalah orang pertama yang akan muncul di kepala mereka. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan aroma personal adalah dengan teknik mix parfum.

 

Teknik ini bisa Anda coba untuk mendapatkan aroma personal unik yang menggambarkan karakter Anda. Sebab, jika Anda hanya menggunakan satu parfum saja, besar kemungkinan orang lain juga akan memakainya. Alasannya, karena parfum tersebut dibuat untuk publik, bukan custom khusus hanya untuk Anda.

 

Jadi, jika Anda bertanya-tanya apakah parfum bisa dicampur, jawabannya adalah bisa. Namun, Anda tidak bisa mencampurnya secara sembarangan. Ada beberapa teknik dan tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya! 

Cara Layering Parfum

orang yang menyemprotkan parfum ke tangan

 

Sebelum Anda mencari tahu apa tips-tips agar campuran parfum enak saat tercium, Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara layering parfum. Sebab, setidaknya, ada tiga cara yang umum digunakan, yaitu layering dengan body lotion, sabun aromaterapi, atau bahkan parfum lain.

 

Tujuannya adalah untuk menciptakan wangi khas yang unik dan tidak bisa Anda temukan di orang lain. Karena itu, jika ingin lebih unik, Anda bisa mencampur ketiganya sekaligus. Hal ini bisa membuat parfum yang tadinya memiliki wangi mainstream menjadi lebih eksklusif dan terasa lebih personal.

 

Hanya saja, wangi body lotion dan sabun biasanya mudah hilang dalam waktu singkat. Karena itu, Anda bisa fokus mencocokan wangi body lotion dan sabun dengan top notes saja. Sedangkan saat mencampur 2 aroma parfum atau lebih, fokus pada semua notes, mulai dari top notes, middle notes serta base notes

Tips-Tips Ketika Mix Parfum

orang yang menyemprot parfum ke tangan

 

Setelah memahami caranya, kini saatnya untuk mengetahui apa saja tips-tips saat mencampur dua atau parfum, yaitu:

1. Pilih Notes yang Tepat

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih, yaitu jalur aman atau jalur yang lebih eksperimental. Jika Anda ingin jalan di jalur yang aman, maka Anda bisa memilih notes yang berasal dari satu keluarga.

 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan dan Karakteristik Setiap Note Parfum

 

Misalnya saat mix parfum pria, Anda bisa mencampur wangi woody dengan woody yang lainnya. Pada parfum pertama, ada notes cedarwood dan driftwood. Anda bisa mencampurnya dengan parfum yang memiliki notes labdanum.

 

Lalu, jika ingin mix parfum yang enak untuk wanita, Anda bisa mencampur wangi flowery dengan flowery yang lain. Misalnya seperti parfum yang memiliki notes mawar, melati, dan peony. Anda bisa mencampurkan parfum tersebut dengan parfum ber-notes neroli dan lily.

 

Namun, jika ingin mencoba jalan yang lebih eksperimental, Anda dapat mencampurkan parfum dari dua keluarga notes yang berbeda. Sebagai catatan, mix parfum vanilla biasanya cocok dengan hampir semua notes lainnya. 

2. Mulai dari Aroma Paling Berat hingga Paling Ringan

Setelah menemukan notes yang tepat, Anda bisa langsung mencoba mencampurkan semuanya. Hanya saja, hindari untuk mencobanya langsung di kulit ketika Anda masih bereksperimen. Gunakan paper strip terlebih dulu sebelum Anda yakin untuk menggunakan campuran dari dua atau lebih parfum tersebut.

 

Sebagai tips, mulai semprotkan dari parfum yang memiliki wangi kuat ke parfum dengan wangi yang lebih ringan. Hal ini agar wanginya bisa terbentuk dengan lebih sempurna dan tidak membuat pusing.

 

Selain itu, Anda pun menunggu beberapa menit terlebih dahulu sebelum menyemprotkan parfum kedua agar wanginya tidak terlalu kuat. Sebab, jika Anda menyemprot keduanya sekaligus, tidak jarang rasa pusing akan menghampiri. Terlebih jika keduanya memiliki kekuatan parfum yang setara.

 

Agar wanginya lebih tahan lama, Anda bisa menyemprotkan parfum ke beberapa titik nadi, misalnya seperti leher dan pergelangan tangan. 

Rekomendasi Mix Parfum

satu set parfum The Perfection, Alpha, dan Farhampton dari HMNS

 

Jika Anda bingung harus mencampur parfum apa. Salah satunya pilihan yang bisa Anda coba adalah perpaduan dari The Perfection, Alpha, dan Farhampton. Ketiganya punya wangi yang khas, dan akan semakin unik ketika Anda menggunakannya di waktu yang bersamaan.

 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Parfum Pria Kalem yang Tahan Lama

 

The Perfection punya wangi yang elegan dengan kemewahan yang menggelegar. Ada aroma bergamot, elemi, cengkeh, dan pala yang spicy di awal. Selanjutnya, Anda akan mencium wangi terapeutik dari lavender. Ada juga sentuhan aroma lily of the valley, tagetes, dan green pear yang manis.

 

Aromanya akan tercampur sempurna dengan wangi cendana dan vetiver dari seri Alpha. Ada wangi kayu apung, cendana, kulit, dan musk di akhir perjalanan. Akan ada sentuhan wangi segar dan menenangkan dari citrus dan rerumputan serta teh hijau dan aroma kayu.

 

Baca Juga: Apa Itu Alpha? Kenali Karakteristik Alpha & Tipe Kepribadian Lainnya

 

Aromanya akan terasa semakin sempurna ketika dengan sentuhan wangi penuh romansa dari seri Farhampton. Anda juga akan mencium wangi bergamot di awal perjalanan, lavender dan orange blossom di tengah, serta amber, cendana, dan biji tonka di akhir perjalanan.

 

Menariknya, Anda juga bisa mendapatkan ketiganya sekaligus di Discovery Set Gen XY.

 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak eksperimen mix parfum dengan berbagai koleksi lainnya dari HMNS. Karena itu, Anda bisa mulai mengoleksi semua parfumnya agar bisa mempermudah mix and match parfum sesuai kebutuhan sekarang juga!