Mengenal Apa Itu Bergamot, Karakteristik & Ragam Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar, melihat, atau bahkan mungkin mencoba bergamot? Jika belum, penting untuk Anda ketahui kalau bergamot adalah buah-buahan yang berasal dari keluarga jeruk atau Rutaceae. Di antara semua anggota keluarga jeruk, buah ini berasal dari genus Citrus.

 

Karena itu, dari segi bentuk, buah ini memang tidak terlihat jauh berbeda dengan anggota genus Citrus yang lain, seperti jeruk purut. Namun, jika Anda bertanya-tanya apakah jeruk bergamot sama dengan jeruk purut, jawabannya adalah tidak.

 

Agar Anda lebih paham, kenali lebih dekat asal usul, karakteristik, dan juga manfaat bergamot berikut!

Asal Usul dan Habitat dari Bergamot

jeruk bergamot di pohonnya

 

Ada anggapan jika buah ini berasal dari Asia Tenggara, sebelum akhirnya menyebar dan dibudidayakan di seluruh dunia. Beberapa lainnya beranggapan jika buah ini berasal dari Antilles, Yunani, dan Kepulauan Canaria.

 

Namun, buah ini paling populer di Italia Selatan, khususnya di Kota Bergamo. Karena itulah, buah ini dinamakan bergamot yang diambil dari nama kota tersebut.

 

Ada anggapan lain jika buah ini berasal dari hibridisasi bioteknologi yang melibatkan persilangan antara hibrida lemon dan jeruk pahit.[1]

Karakteristik & Manfaat Bergamot

orang yang memegang bergamot

 

Setelah Anda mengetahui bergamot tanaman apa, kini saatnya untuk memahami karakteristik dan juga tampilannya. Sebab, jika Anda hanya melihatnya sekilas, buah ini punya tampilan yang tidak jauh berbeda dengan jeruk purut.

 

Buah ini punya warna hijau jika belum benar-benar matang dan kuning jika sudah matang. Kulitnya keriput, mirip dengan jeruk purut. Namun, ada perbedaan antara jeruk bergamot dan jeruk purut yang bisa Anda kenali, yaitu pohonnya yang tidak berduri.

 

Sama seperti hampir semua buah dari genus Citrus, buah ini punya rasa asam dan sedikit kecut. Anda bisa mengonsumsinya sebagai bahan tambahan pada makanan dan juga pengobatan tradisional. Hal ini karena buah ini dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan penyakit lainnya.

 

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan bergamot oil sebagai bahan pembuat wangi-wangian. Hal ini karena buah ini punya aroma yang menenangkan hati. Sehingga, Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu sumber aromaterapi. 

Bergamot dalam Industri Fragrance

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa menggunakan bergamot sebagai bahan dasar untuk membuat wangi-wangian. Jika Anda bertanya-tanya wangi bergamot itu seperti apa, aromanya segar dengan sentuhan manis dan pedas.

 

Pada umumnya, aroma buah ini bisa Anda campurkan dengan kategori aroma fougere, seperti lavender. Tidak jarang, Anda juga bisa mencampur aroma ini dengan aroma floral seperti lily. Terkadang, Anda juga akan menemukan sentuhan aroma vetiver pada parfum beraroma bergamot.

 

Tidak hanya pada parfum saja, Anda juga akan sering menemukan aroma bergamot pada diffuser, body spray, dan hair & body mist. Apabila Anda ingin tahu produk wewangian apa saja yang punya aroma ini, berikut adalah daftarnya! 

1. A Much Better Living Room

produk A Much Better Living Room

 

Pada diffuser A Much Better Living Room, Anda bisa menemukan aroma bergamot di top notes. Selain itu, ada campuran aroma lemon dan tuberose di sana. Perpaduan coconut, ylang ylang, serta lily of the valley ada di tengah dan sandalwood, white musk, serta woody ambery akan menyapa di akhir. 

2. A Room Full of Ideas

produk A Room Full of Ideas

 

Anda juga akan menemukan aroma bergamot di diffuser A Room Full of Ideas, bersamaan dengan aroma lavender dan rain accord. Pada bagian tengah ada orris, fig, serta rose, dan di bagian akhir ada vetiver, papyrus, dan moss

3. Energy Body Spray - The Perfection

produk Energy Body Spray - The Perfection

 

Anda akan menemukannya di Energy Body Spray - The Perfection bersama dengan aroma cengkeh, pala, dan elemi. Lalu, ada aroma lavender, tagetes, lily of the valley, dan pir hijau di tengah serta aroma driftwood, sandalwood, leather, dan musk di akhir. 

4. Energy Body Spray - Alpha

produk Energy Body Spray - Alpha

 

Pilihan lainnya adalah Energy Body Spray - Alpha dengan perpaduan bergamot dengan mandarin dan lemon petitgrain. Lalu, ada aroma green tea, blackcurrant bud, serta raspberry leaves di tengah, dan sandalwood, teakwood, serta musk di akhir. 

5. Drops of Sunshine

produk Drops of Sunshine

 

Drops of Sunshine memadukan aroma bergamot dengan coriander dan pink pepper. Lalu, ada jasmine, ylang ylang, serta Turkish rose di tengah, dan vanilla, tonka bean, serta musky di akhir. 

6. Symphony of Flowers

produk Symphony of Flowers

 

Secara garis besar, Symphony of Flowers punya notes aroma yang sama seperti Fairytale Fantasy. 

7. The Perfection

produk The Perfection

 

Parfum The Perfection punya notes yang sama dengan Energy Body Spray - The Perfection. Namun, aromanya lebih tahan lama dengan proyeksi yang lebih luas.

8. Farhampton

produk Farhampton

 

Terakhir, ada Farhampton. Selain bergamot, Anda akan menemukan aroma lavender dan orange blossom flowers di tengah dan labdanum (amber), cedarwood, dan tonka bean di akhir.

 

Pastinya, bergamot adalah salah satu bahan penting dari berbagai jenis wewangian tersebut. Jadi, wewangian HMNS mana yang menjadi favorit Anda?