Mengenal Wangi Bunga Lily dan Fakta Menarik di Baliknya

Sudah menjadi rahasia umum jika lily merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia. Bunga ini punya banyak simbolisme, mulai dari kemurnian, cinta, kesedihan, hingga feminitas.[1] Selain itu, wangi bunga lily juga sangat menarik untuk diulik. Hal ini mengingat ada lebih dari 100 spesies bunga lily.

 

Karena spesiesnya yang bervariasi, aromanya pun memikat untuk Anda eksplorasi. Ada lily yang punya aroma pleasant dan ampuh membuat mood Anda semakin baik, rasanya seperti sedang dikelilingi oleh orang-orang terkasih. Namun, ada juga lily yang mengeluarkan aroma yang membuat Anda mengerutkan dahi.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana aroma lily? Simak semua fakta menariknya di bawah ini! 

Jenis-Jenis Wangi Bunga Lily

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak spesies bunga lily yang memiliki aroma pleasant. Bahkan, penggunaan bunga lily di dalam kehidupan memiliki sejarah yang panjang. Hal ini mengingat lily sudah digunakan sebagai wewangian sejak ribuan tahun lalu. 

Misalnya di era Mesir, Yunani, dan Romawi kuno, ketika para pengantin menggunakan lily di rambut mereka untuk menandakan kehidupan yang murni dan subur. Parfum beraroma lily pun mulai banyak bermunculan dan menjadi primadona di pasaran. Pilihan aroma nya pun cukup banyak, seperti:

1. Pilih Easter Lily Jika Ingin Aroma Manis

setangkai bunga easter lily

 

Jika Anda sedang mencari bunga yang dihisap manis, easter lily bisa menjadi salah satu pilihannya. Aroma lily jenis ini mirip dengan aroma cherry blossom, yaitu manis dan lembut. Rasanya sangat mirip dengan saat-saat Anda jatuh cinta pada pandangan pertama di pertengahan musim semi.

 

Baca Juga: Pengharum Kamar Mandi: Solusi Usir Bau dan Rekomendasinya

 

Warna putih pada easter lily juga membuatnya terlihat semakin cantik. Mengingat salah satu makna bunga lily adalah kemurnian cinta, easter lily paling cocok untuk Anda berikan kepada orang terkasih sebagai kado anniversary. Selain itu, Anda pun bisa memberikan buket easter lily untuk mengungkapkan cinta dan kasih. 

2. Pilih Lilium Speciosum Jika Ingin Aroma Pedas

dua tangkai bunga lilium speciosum

 

 

Apabila Anda lebih suka aroma yang pedas, lilium speciosum atau bunga bakung Jepang bisa jadi pilihan. Hal ini karena bunga lili jenis ini mengeluarkan aroma spice dengan sentuhan citrus di dalamnya. Namun, masih tetap ada aroma manis khas floral yang akan menyapa indera penciuman Anda.

 

Selain punya aroma unik, tampilan bunga ini juga tidak kalah menarik. Sehingga, jika Anda sedang mencari bunga untuk disimpan di dalam vas, lilium speciosum bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Jika Anda penasaran lilium speciosum melambangkan apa, bunga ini memiliki makna kelahiran kembali dan kesuburan. Jadi, Anda bisa memberikan buket bunga ini ketika menengok bayi baru lahir. Selain itu, bunga ini juga populer sebagai funeral flower yang bisa Anda bawa ke pemakaman.

3. Hindari Martagon Lily Jika Ingin Bunga Indoor

unga martagon lily yang masih ada di pohonnya

 

Meskipun kebanyakan aroma bunga lily itu pleasant dan cocok untuk Anda simpan di dalam ruangan, ada beberapa di antaranya yang punya aroma overwhelmed. Salah satunya adalah martagon lily yang punya aroma yang sangat kuat. Sehingga, kurang cocok untuk Anda jadikan bunga indoor.

 

Bunga ini sebenarnya punya aroma yang manis dan menawan, namun hanya cocok sebagai bunga outdoor atau di dalam ruangan. Jika Anda memiliki flower garden, spesies lily ini bisa mempercantik kebun Anda dan memberikan aroma unik yang bisa menaikkan kedua ujung bibir. 

4. Pilih Lily of The Valley untuk Aroma Menyegarkan

beberapa tangkai bunga lily of the valley

 

Terakhir, Anda bisa memilih lily of the valley jika ingin aroma yang lebih menyegarkan. Hal ini karena aroma lily of the valley yang fresh dengan sentuhan sweet notes ala floral. Dua kata yang paling menggambarkan aromanya adalah soft dan delicate, sehingga wajar jika lily of the valley sangat populer.

 

 Baca Juga: Scented Candle: Cara Seru Aromaterapi di Rumah

 

Jika Anda sedang mencari bunga indoor beraroma menyenangkan ala musim semi, jenis lily yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Anda bisa mendeskripsikan aromanya sebagai “a gate to heaven”. Karena, wangi lily of the valley ampuh membuat semua orang betah di ruangan berlama-lama. 

Fakta Unik Tentang Wangi Bunga Lily

bunga lily dengan background langit biru

 

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk menyimpan bunga lily segar di dalam vas dan meletakkannya di ruangan. Hanya saja, ada banyak spesies bunga lily yang beracun jika termakan. Jadi, jika Anda punya anak kecil atau hewan peliharaan, Anda perlu lebih hari-hati saat menyimpan vas bunga tersebut.

 

Selain itu, bunga segar juga hanya bisa bertahan selama beberapa hari. Sehingga, Anda harus sering menggantinya agar aroma wangi bunganya tetap tercium di dalam ruangan.

 

Untungnya, kini sudah ada produk diffuser yang beraroma lily. Misalnya seperti A Much Better Living Room dari Home of Humans.

 

Bayangkan diri Anda berada di tengah hutan rimbun, dipeluk oleh aroma bunga lily yang menenangkan. Semilir angin membawa keharuman lembut, bagaikan melodi alam yang membelai jiwa. Inilah sensasi yang dihadirkan oleh reed diffuser dari Home of Humans dengan aroma lily of the valley. Aroma projection dari diffuser ini juga tinggi dimana bisa sampai 20m² dan bisa tercium ke seluruh ruangan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Pewangi Ruangan yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

 

Selain wangi bunga lily of the valley di bagian middle notes, diffuser ini juga memiliki aroma coconut dan ylang ylang. Pada top notes, Anda bisa mencium aroma bergamot, tuberose, dan lemon. Lalu, base notes-nya yaitu sandalwood, woody ambery, dan juga white musk. Jadi, ayo coba produknya sekarang juga!