Panduan Memilih Aroma Parfum Cowok yang Pas untuk Setiap Kondisi

Memilih parfum cowok yang pas memang gampang-gampang susah. Terlebih, pengetahuan tentang parfum kadang tidak semudah itu untuk didapatkan. Masalah ini sering kali membuat Anda kesulitan ketika ingin memakai parfum, misalnya saja wanginya cepat hilang atau pilihan aromanya yang kurang cocok.

 

Masalah pertama mungkin timbul karena tipe aroma parfum yang masih kurang sesuai atau cara penyemprotan nya yang belum tepat. Hal ini karena setidaknya ada 4 tipe parfum yang memiliki tingkat ketahanan berbeda. Cara menyemprotkannya juga mempengaruhi seberapa awet parfum tersebut di kulit Anda.

 

Masalah kedua mungkin berkaitan dengan informasi tentang berbagai aroma parfum pada pria. Nah, sebenarnya terdapat banyak pilihan aroma maskulin yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi Anda. Yuk, eksplorasi lebih lanjut tentang parfum pria dan cara memilih yang tepat!

Tipe-Tipe Wewangian

botol parfum dan box-nya

 

Secara garis besar, tipe wewangian itu ada 4 di mana masing-masing memiliki kadar konsentrasi fragrance yang berbeda. Ada yang hanya 1% saja namun ada juga yang memiliki kadar fragrance hingga 30%. Jika Anda mencari parfum cowok tahan lama, pilih yang kadar fragrance-nya tinggi.

 

Tipe-tipe wewangian tersebut adalah:

 

  • Cologne, dengan kadar fragrance 2%-6% dan bisa bertahan kurang dari 3 jam. 
  • Eau de Toilette, dengan kadar fragrance 10% dan bisa bertahan hingga 4 jam.
  • Eau de Parfum, dengan kadar fragrance 15%-20% dan bisa bertahan hingga 6 jam.
  • Extrait de Parfum, dengan kadar fragrance 20%-30% dan bisa bertahan hingga 8 jam.

 

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Parfum: Perbedaan & Karakteristiknya

Cara Mengaplikasikan Wewangian dengan Benar

orang yang memegang parfum

 

Setelah tahu tipe-tipenya, Anda pun wajib memahami bagaimana cara mengaplikasikan wewangian dengan benar. Caranya pun relatif mudah untuk Anda lakukan, seperti:

 

  • Mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh dan memaksimalkan efek parfum.
  • Pastikan kulit tetap lembap, karena wewangian menempel lebih lama di kulit lembap daripada kulit kering.
  • Memilih makanan yang tepat, karena makanan akan sangat mempengaruhi bau badan. Apel, jeruk, dan Yogurt adalah beberapa contoh yang baik.
  • Gunakan produk deodoran, antiperspirant, atau produk sejenisnya.
  • Gunakan parfum di titik nadi agar aromanya bisa tahan lebih lama.

 

Baca Juga: 5 Cara Agar Badan Wangi Sepanjang Hari Saat Sibuk Seharian

Opsi Wangi Maskulin yang Pas untuk Cowok 

Jika Anda sudah tahu bagaimana cara agar parfum pria tahan lama, kini saatnya untuk mengenali aroma apa saja yang pas bagi Anda. Terlebih, karena kini blind buying semakin diminati. Bahkan, berdasarkan pada prediksi pasar, 60% pangsa pasar parfum di tahun 2036 akan dikuasai oleh pasar online.[1]

 

Namun, meskipun Anda membeli parfum secara online, pastikan untuk tetap mengetahui aroma yang tepat. Ada beberapa aroma maskulin yang bisa Anda coba, seperti:

1. Aqua

percikan air

 

Jika Anda menyukai parfum cowok segar dengan percikan aroma salty ala tropical, Aqua bisa menjadi pilihan. Ketika menggunakan parfum dengan aroma ini, Anda seakan-akan sedang diajak ke tepi pantai. Anda akan menikmati semilir angin dan deburan ombak, hingga keindahan pantai yang memabukkan.

 

Pada umumnya, Aqua memilih wangi yang terlalu strong, sehingga kurang pas jika Anda gunakan saat cuaca sedang panas. Sebaliknya, gunakan parfum Aqua di malam hari atau ketika cuaca sedang dingin. Atau, pilih campuran Aqua dengan aroma yang lebih soft, misalnya aroma buah atau bunga. 

2. Woody

botol parfum di sebelah kayu

 

Pilihan aroma maskulin lainnya yang bisa Anda coba adalah aroma woody. Ini adalah parfum pria yang disukai oleh wanita. Bahkan, berdasarkan suatu survei, hampir semua wanita yang ditanya tentang parfum pria, menyebutkan aroma woody sebagai aroma favorit mereka.[2]

 

Alasannya pun sederhana, yaitu karena woody adalah aroma yang membuat tenang. Rasanya seperti sedang memasuki hutan hujan dan berjalan melalui pepohonan dengan orang tersayang. 

3. Musk

seekor rusa

 

Selain woody, parfum cowok kalem lain yang bisa Anda gunakan adalah parfum musk. Bukan hanya terlihat kalem, Anda juga akan terasa lebih hangat dan sensual. Pilihan parfum musk pun cukup banyak, misalnya seperti parfum The Perfection dari HMNS.

 

Tidak hanya memancarkan rasa hangat dan sensual, parfum ini juga memberikan kesan luxurious, neat, dan sophisticated. Aroma yang akan menyapa Anda adalah spicy dengan notes bergamot, elemi, cengkih, dan pala.

 

Baca Juga: Pesona Parfum Musk: Menggali Keunikan Aroma & Rekomendasinya

 

Setelah itu, wangi manis yang menenangkan hati akan mulai tercium, dengan notes lavender, tagetes, lily of the valley, dan pir hijau. Terakhir, aroma maskulin akan mendominasi melalui notes kayu apung, cendana, leather, dan musk

4. Citrus

irisan jeruk

 

Pilihan lainnya adalah citrus, yang mampu memberikan kesan segar. Parfum ini paling cocok untuk Anda gunakan di pagi hari karena bisa mendongkrak semangat untuk memulai hari. Salah satu parfumnya adalah Alpha, yang rasanya mirip seperti meneguk secangkir teh panas yang menenangkan hati.

 

Wangi jeruk dan rumput yang segar akan membuka semangat Anda, sebelum wangi teh hijau dan kayu mulai keluar dan memberikan efek terapeutik. Terakhir, ada wangi kayu cedar dan vetiver yang selalu siap menyambut dengan kehangatan saat Anda selesai menjalani hari.

 

Parfum Alpha paling cocok untuk kegiatan outdoor yang biasanya disenangi oleh para pria. Namun, para wanita aktif juga bisa menikmati aromanya karena Alpha didesain sebagai parfum unisex.

 

Jadi, parfum cowok mana yang paling pas untuk keseharian Anda? Pastinya, Anda bisa menemukan banyak varian parfum menarik di HMNS. Karena itu, jangan ragu untuk mulai mengeksplorasi semua produknya hingga menemukan aroma terbaik untuk Anda!