Waspada Burn Out saat Bekerja! Ini 5 Cara Mengatasinya!

Tidak terasa, paruh pertama tahun 2024 sudah terlewati. Jadi, bagaimana kabar Anda hari ini: apakah masih bisa bekerja dengan baik atau stuck seakan tidak bisa berjalan lebih jauh lagi? Jika perasaan Anda terasa lebih condong ke kemungkinan yang kedua, bisa jadi burn out sedang menghantui Anda.

 

Berdasarkan survei dari Indeed, 52% responden merasakan burnout saat bekerja.[1] Alasannya pun bermacam-macam, namun penyebab burn out yang paling umum adalah karena stres, beban kerja yang terlalu berat, dan kurang istirahat. Akibatnya, Anda akan merasa mudah lelah, mudah sakit, menarik diri dari lingkungan sosial, kurang produktif, dan beberapa dampak negatif lain.

 

Mengingat dampak burn out yang tidak baik, Anda perlu segera tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba! 

1. Istirahat Sejenak dan Lakukan Apa yang Belum Sempat Dilakukan

dua orang yang duduk di sofa sambil menonton tv

 

Ketika merasa stuck dan seakan tidak ada jalan keluar, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah istirahat sejenak. Anda bisa mengambil cuti selama satu atau dua hari. Pilihan lainnya jika tidak memungkinkan untuk cuti adalah memaksimalkan akhir pekan untuk rileks dan mulai beristirahat.

 

Selama waktu istirahat tersebut, Anda juga bisa melakukan apa yang sebelumnya belum sempat Anda lakukan. Misalnya seperti travelling singkat, nonton drama, membaca buku atau bermain game tertentu, dan lain-lain.

2. Identifikasi Goals yang Belum Tercapai

orang yang sedang menulis

 

Hanya saja, setelah Anda istirahat, terkadang semangat untuk kembali produktif bekerja tiba-tiba akan menghilang. Karena itu, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menulis goals apa saja yang belum Anda capai di sisa tahun 2024. Begitu juga dengan di tahun-tahun berikutnya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Pewangi Ruangan yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

 

Hal ini karena goals merupakan memotivasi yang paling besar untuk seseorang.  Anda bisa memulai dari goals yang mudah untuk dicapai, menyantap makanan atau membeli barang tertentu. Namun, jangan lupakan goals yang lebih besar yang kini masih menunggu Anda di masa depan.

3. Keluar dari Zona Nyaman dan Mulai Mengejar Mimpi

orang yang memegang pesawat kertas dengan background langit

 

Mulai mengejar mimpi juga bisa menjadi cara mengatasi burn out yang cukup efektif. Hanya saja, terkadang Anda perlu keluar dari zona nyaman untuk memulainya. Biasanya, Anda juga merasa stuck karena berjalan di situ-situ saja tanpa ada kemajuan karena terjebak di zona nyaman.

 

Tidak seperti rasa cinta yang bisa hadir secara tiba-tiba, mimpi tidak akan datang begitu saja. Anda harus berusaha untuk menjemputnya. Coba kuasai dan taklukkan mimpi hingga ada di dalam genggaman Anda.

4. Hindari Kehidupan yang Monoton

dua orang yang sedang tertawa di dapur bersama

 

Di samping karena stres dan overworked, alasan kenapa kita burn out adalah karena kehidupan yang monoton. Jika rutinitas harian Anda hanya berangkat-kerja-pulang- tidur, maka segera cari hobi baru. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih berwarna dan lebih bermakna.

 

Pilihan hobinya pun sangat beragam. Ada yang bisa Anda lakukan sendirian di rumah, seperti menonton film, membuat jurnal, dan lain-lain. Lalu, ada juga yang bisa Anda lakukan bersama-sama, seperti mengikuti komunitas jalan-jalan, komunitas baca buku, komunitas sepeda, dan lain sebagainya. 

5. Letakkan Wewangian di Ruang Kerja

reed diffuser A Room Full of Ideas

 

 

Terakhir, Anda bisa meletakkan wewangian di ruang kerja. Sebab, berdasarkan studi, aroma pleasant sangat ampuh menstimulasi emosi positif.[2] Ada berbagai macam aroma yang bisa Anda coba, misalnya lavender yang membuat rileks,  bergamot yang meningkatkan mood, hingga aroma petrichor yang bisa menstimulasi ide baru agar Anda tidak stuck.

 

Jika Anda bertanya-tanya berapa lama burn out berlangsung, perasaan ini bisa menimpa Anda selama beberapa hari, minggu, bulan, dan bahkan tahunan. Karena itu, meletakkan wewangian bisa membantu agar perasaan negatif itu hilang dan segera berganti dengan perasaan yang lebih positif.

 

Baca Juga: 5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Panjang

 

Salah satu jenis wewangian yang dapat Anda coba adalah reed diffuser, misalnya seperti A Room Full of Ideas. Diffuser ini mampu untuk menstimulasi ide-ide baru, sehingga Anda akan lebih mudah keluar dari posisi stuck. Hasilnya, Anda akan lebih bersemangat dan produktif saat bekerja.

 

Hal ini karena ada aroma lavender, rain accord, dan bergamot di layer atas yang bisa membuat Anda merasakan tiga hal sekaligus. Rasa itu adalah rileks, bersemangat, dan penuh ide. Sebab, perjalanan aroma ketiga notes ini seakan-akan sedang mengajak Anda untuk menari di tengah hujan.

 

Ketika ketiga perasaan itu mulai menurun, Anda akan bertemu dengan aroma orris, fig, dan rose yang manis. Anda akan merasakan sensasi ladang berduri yang mekar menjadi taman yang indah. Terlebih karena ada wangi vetiver, papyrus, dan moss, yang membuat perasaan hangat mulai menyusup ke hati.

 

Baca Juga: Pewangi Ruangan Semprot: Fungsional dan Punya Banyak Manfaat

 

Nah, sudah siap untuk mulai menerapkan semua cara-cara di atas ketika mulai stuck dan burn out? Jika merasa lelah, Anda bisa melakukan semua hal yang membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia. Ini termasuk menyimpan reed diffuser dari Home of Humans di ruang kerja. Because, your feelings matter!