Kenali Penyebab dan Beragam Cara agar Bisa Tidur Nyenyak

Sebagai kebutuhan biologis manusia, tidur nyenyak sangatlah penting. Sayangnya, banyak orang yang mengalami kesulitan tidur nyenyak dan hal ini tentu saja berimbas pada kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Tapi, jangan khawatir karena ada beragam cara agar bisa tidur nyenyak yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal ini. 

Penyebab Orang Sulit Tidur Nyenyak

Ada banyak orang tidak bisa tidur dengan nyenyak sehingga berdampak pada  tubuh yang lemas, mood yang berantakan, serta susah fokus. Apa sih yang sebetulnya membuat Anda dan orang-orang lainnya susah tidur nyenyak?

1. Stres

Seorang pria yang tidak bisa tidur karena stres

 

Pernahkah Anda merasakan otak terus berputar saat ingin tidur? Anda mungkin sedang mengalami stres.

 

Tingkat stres yang terlampau tinggi akan mengganggu kualitas tidur individu.[1] Saat stres melanda, otak yang dipenuhi kecemasan serta kekhawatiran akan membuat Anda sulit untuk terlelap. Bahkan, jika berhasil tidur, waktu tidur Anda mungkin akan terpecah-pecah karena Anda mudah terbangun. 

2. Usia

Seorang wanita tua tidak bisa tidur karena usia

 

Penuaan yang terjadi seiring waktu menurunkan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kemampuan tidur nyenyak orang-orang tua lebih mudah terbangun di malam hari.[2] Hal ini terjadi karena adanya perubahan fisiologis, kondisi fisik, serta psikososial.[3]

3. Efek Alkohol serta Kafein

Seorang pria di depan laptop sedang meminum kopi yang mengandung kafein

 

Konsumsi alkohol atau kafein yang berlebihan juga mengurangi kemampuan tubuh untuk tidur nyenyak.

 

Ketika Anda mengonsumsi kafein, zat ini akan mengganggu produksi melatonin pada tubuh yang berfungsinya memberikan rasa kantuk.[4] Sementara itu, alkohol mengakibatkan saluran udara yang terlalu rileks. Hal ini dapat menyebabkan individu kesulitan untuk bernapas dan terbangun.

4. Terganggunya Ritme Sirkadian

Seorang wanita sedang bekerja di malam hari

 

Beberapa kebiasaan bisa mengganggu Ritme Sirkadian. Contohnya perjalanan zona waktu, aktivitas hidup yang berubah karena shift kerja di malam hari, atau kebiasaan bermain ponsel di malam hari.

 

Ketika ritme sirkadian ini terganggu, Anda akan lebih sulit tertidur. Kalaupun pada akhirnya Anda berhasil tertidur, besar kemungkinan Anda akan terbangun di malam hari, sehingga kualitas tidur berkurang.

5. Kondisi Medis

Seorang pria kesulitan untuk tidur karena penyakit sesak napas

 

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, beberapa kondisi kesehatan juga dapat menyebabkan tidur Anda kurang nyenyak. Misalnya, penyakit yang menyebabkan kesulitan bernapas, kondisi yang membuat Anda sering buang air kecil di malam hari, dan gangguan yang menyebabkan nyeri sendi.

Solusi agar Bisa Tidur Nyenyak

Ada banyak cara aman dan mudah untuk mendapatkan tidur nyenyak tanpa perlu bantuan obat dari dokter. Bagaimana cara agar bisa cepat tidur dan nyenyak?

1. Kurangi Konsumsi Kopi juga Alkohol

Secangkir kopi hitam hangat

 

Jika Anda terbiasa minum kopi dan alkohol, cara agar bisa tidur cepat adalah mengurangi konsumsi dua minuman ini secara bertahap.

 

Kalaupun Anda merasa tidak bisa lepas dari kopi selama bekerja, pastikan untuk tidak mengonsumsinya setidaknya 8 jam sebelum tidur. Misalnya, jika Anda tidur pukul 10 malam, hindari minum kopi setelah pukul 2 siang.[5] Sedangkan untuk alkohol, hindari konsumsi setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur.[6]

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Seorang pria sedang melakukan olahraga di luar ruangan

 

Cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur lainnya adalah mulai berolahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan mengatur ritme tubuh Anda, sehingga rutinitas ini bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

Anda bisa melakukan olahraga 30 menit setiap harinya. Tidak perlu olahraga yang berat, lakukan saja yoga, pemanasan biasa, atau aerobic. Pastikan untuk tidak berolahraga dekat waktu tidur, karena dapat membuat Anda lebih segar dan sulit tidur.

3. Kurangi Kebiasaan Tidur Siang

Seorang wanita sedang tidur siang

 

Tidur siang memang dapat meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, dan mental. Namun sayangnya, tidur siang ini memberikan dampak yang kurang baik pada waktu tidur di malam hari.

 

Jika Anda tidak bisa lepas dari kebiasaan tidur siang, coba batasi durasinya maksimal 30 menit. Durasi ini cukup untuk mendapatkan manfaat tidur siang tanpa mengganggu kualitas tidur malam.

4. Buat Jadwal Tidur dan Lakukan secara Konsisten

Seorang pria sedang tidur di jam dua belas malam

 

Cara agar cepat tidur berikutnya adalah menentukan jadwal tidur dan mengikutinya setiap saat akan membantu Anda membuat siklus alami bangundan tidur tubuh. Ketika tubuh sudah terbiasa dengan siklus ini, Anda akan lebih mudah terlelap dalam sekejap dan bangun dengan segar di pagi hari.

5. Menggunakan Room Of Love N Dre..eam

Produk Room Of Love N Dre..eam dari Home of Humans

 

Cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari paling simpel adalah memakai wangi-wangian lavender di ruang tidur, seperti Room Of Love N Dre..eam.

 

Wangi semerbak dari lavender sudah terbukti memiliki kemampuan membuat orang tertidur lebih cepat dan pulas. Tidak hanya untuk orang yang kesulitan tidur karena stres dan konsumsi kopi. Wangi lavender juga ampuh mengurangi tidur tidak nyenyak karena faktor usia.[7]

 

Reed diffuser dari Home of Humans ini bukan sembarang pengharum ruangan. Terbuat dari bunga lavender asal Perancis dan vanila Madagascar, Room Of Love N Dre..eam memancarkan aroma menenangkan bak berada di taman bunga. Harum semerbaknya bantu Anda terlelap dengan cepat dan nyenyak sepanjang malam.

 

Cara pemakaiannya mudah, Anda hanya perlu memasang 3 hingga 6 batang buluh pada diffuser dan wangi akan menyebar ke seluruh ruang tidur Anda. Anda bisa meninggalkan buluh begitu saja agar ruangan wangi setiap saat mencabutnya agar pemakaian diffuser lebih hemat.

 

Tempatkan satu Room Of Love N Dre..eam dari Home of Humans di kamar sebagai cara agar bisa tidur nyenyak dan rasakan sendiri keampuhannya!